PROMOSIKAN MESIN CUTTING, BAHAN STICKER ATAU USAHA STICKER ANDA DI SINI. HUBUNGI 0812 9039 8495

Cara Mengetahui Jenis Font yang Sudah di Bitmap di CorelDraw

Ada kalanya pembuat cutting sticker seperti saya mendapatkan orderan dari pelanggan yang membawa contoh desain dalam flashdisk. Begitu dibuka, ternyata format gambarnya bukan gambar vector, melainkan dalam bentuk bitmap. Padahal ada jenis font yang saya yakin tak ada dalam komputer saya. Saya mau menelepon yang order, dia sudah pergi. Nomor ponselnya saya tidak tanya, karena ia hanya mengatakan kalimat seperti ini sebelum pulang: Mas, besok saya ambil ya.

Apa yang harus saya lakukan? Sementara bukan hanya order dari dia yang harus saya selesaikan. Ada caranya sobat cutting sticker mania. Ikuti langkah langkah yang saya paparkan di bawah ini agar Anda bisa menyelesaikan order tepat waktu. Artinya, uang semakin cepat didapat. Oh ya, tips ini dilakukan di lembar kerja CorelDraw ya. Bismillah...

Saya umpamakan orderan tadi ada font yang sudah dibitmap seperti pada Gambar 1 di bawah ini:
Gambar 1
Selanjutnya langkah langkahnya sebagai berikut:

1. Select object bitmap, pada Menu Bar --> Bitmaps --> klik Convert To bitmaps, pada kotak dialog, Color mode pilih Grayscale (8-bit) klik OK. (Gambar 2)
Gambar 2
Hasilnya akan terlihat seperti pada Gambar 3:
Gambar 3
2. Object masih dalam kondisi terseleksi, pada Menu bar --> Effects --> Adjust --> Brightness/Contrast/Intensity. Lihat Gambar 4
Gambar 4
3. Muncul kotak dialog seperti dibawah ini, atur slider pada Brighness: -100 Contrast: 100 Intensity: 100. Perhatikan Gambar 5.
Gambar 5
Maka jika langkahnya benar hasilobject bitmap tadi akan menghasilkan warna hitam pekat seperti dibawah ini;
Gambar 6
4. Bila sudah terlihat seperti itu, kemudian arahkan pointer mouse Anda ke Menu Bar --> Text --> pilih WhatTheFont?!... Cermati Gambar 7 berikut.
Gambar 7.
Akan muncul pointer baru seperti lingkaran sasaran tembak seperti ini:
Gambar 8.
5. Drag (tekan dan geser) mouse komputer Anda untuk menyeleksinya. Maka menghasilkan tampilan di lembar kerja CorelDraw seperti pada Gambar 9 di bawah ini.
Gambar 9.
6. Biarkan saja, kalau memang mulut sudah pahit seruput saja sisa kopi yang ada di meja kerja Anda. Tetapi pada langkah ini catatan terpenting saya ialah: proses selanjutnya membutuhkan akses internet. Nah, apa saya katakan Mas Bro? Hehe. Tukang sticker harus melengkapi tempat kerjanya dengan jaringan internet. Pakai modem juga gakpapa yang penting bisa menyapa Mbah Google setiap hari. Yang belum punya modem, cari dulu deh, karena meski ditunggu sampai subuh proses mengetahui font seperti ini tak akan ketemu. Bagi yang sudah tersambung ke internet, browser akan terbuka secara otomatis. Seperti inilah penampakannya (Gambar 10).
Gambar 10
Lihat pada bagian bawah kanan ada tanda panah hijau bertuliskan continue (Gambar 11). Klik saja. (Karena browser menampilkan hasil pencarian yang panjang, layar komputer saya pun tak bisa menyorot sampai bawah).
Gambar 11.
7. Layar browser akan menghasilkan jenis (nama) font yang Anda cari. Akan ditampilkan beberapa jenis font. Perhatikan saja satu persatu mana font yang kira kira sama dengan yang ada pada desain bitmap tadi. Penampakannya seperti pada Gambar 12 berikut.
Gambar 12
Pada contoh ini saya menggunakan jenis Font Futura Bold. Nah, jika sudah tahu silakan Anda download jenis font tadi di website penyedia font gratis yang ada di internet. Hehe... internet lagi. Mohon izin saya mandi dahulu kawan-kawan. Semoga artikel ini membantu...

2 Responses to "Cara Mengetahui Jenis Font yang Sudah di Bitmap di CorelDraw"

  1. terimaksih jadi gampang kalau ada pesen yang gambar nya hanya file jpg.png juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama Mas Yusuf, nikmatnya berbagi.... semoga kita digolongkan orang orang yang tak pelit ilmu di mata Allah SWT

      Delete