Cara Ngopeki Huruf Kecil dengan Mudah

cuttingstickerupdate - Saya tidak menemukan kata yang tepat untuk istilah mengopek ini. Jika dalam Bahasa Inggris ada yang lebih pas, yaitu weeding small letters. Namun jika diartikan akan seperti ini: menyiangi huruf huruf yang kecil.

Sementara istilah menyiangi akan tepat jika ditujukan untuk rumput, karena di daerah saya, Jawa, menyiangi artinya mencabuti rumput rumput liar di sekitar tanaman induk.

Saya beri pemahaman mengopek sebagai tindakan mengelupas bagian dari bahan cutting sticker yang tidak terpakai atau digunakan. Misalnya Anda sudah melakukan cutting sticker huruf Mas Noeng, Maka lubang bagian dalam huruf a, o,e dan g harus diambil. Demikian juga bahan diluar huruf Mas Noeng, harus diambil. Begitulah maksud saya dengan mengopek.

tips ngopeki sticker kecil


Mengopek cutting sticker berupa huruf huruf kecil tentu saja lebih sulit dibandingkan huruf yang lebih besar. Bahkan saya lebih sering memberikan harga agak mahal untuk konsumen yang pesan sticker dengan desain disertai huruf huruf yang kecil.

Kesulitan dalam hal mengopek menjadi salah satu faktor dalam menentukan harga. Tak jarang saya sengaja perlihatkan kepada konsumen bagaimana saya mengopek cutting sticker pesanannya. Setelah melihat langsung, sebagian besar akhirnya menyetujui harga yang pantas untuk pekerjaan sulit tersebut.

Tips Mengopek Huruf Kecil

Tips ini saya buat berdasarkan pengalaman selama ini. Jika teman teman memiliki cara lain, silakan tuliskan komentar agar berguna bagi orang lain. Atau bisa juga hubungi saya dengan alamat yang saya cantumkan di halaman Contact di blog ini.

Kopek Bagian Dalam Huruf Berongga

Tips pertama adalah mengopek bagian dalam pada huruf huruf berongga. Mengacu pada gambar ini huruf berongga pada Tips Mengopek ialah p, e, o, p dan e. Setelah huruf tadi Anda cutting, hilangkan saja bagian dalam hurufnya seperti pada gambar 1 di bawah ini.  

Lalu potonglah masking tape seukuran tulisan tadi dan lekatkan ke atasnya.

Teknik agar cutting sticker huruf huruf kecil Anda tidak rusak
Gambar 1
Teknik agar cutting sticker huruf huruf kecil Anda tidak rusak
Gambar 2

Beri tekanan secara merata ke bagian bagian huruf agar lem masking tape menyatu dengan permukaan bahan sticker. Setelah itu angkatlah perlahan lahan, maka huruh huruf pada Tips Mengopek akan terangkat seperti paga gambar 2 di atas.

Karena lobang bagian dalam huruf sudah kita kopek sebelumnya, maka huruf huruf yang terangkat sudah sempurna. Pindahkan ke backing paper yang kosong, potong, dan cutting sticker pun siap diangkat. Sedikit catatan dari saya, teknik ini biasanya ampuh di media yang terbuat dari bahan mengandung unsur plastik. Seperti Oracal Gloss, Mactac Gloss.

Baca Juga:

Mengatasi Bahan Sticker Terangkat Saat Dicutting

Memilih Mata Pisau Mesin Cutting Sticker

Keunggulan dan Kekurangan Cameo

Basahi Bahan Cutting Sticker dengan Bensin

Berdasarkan pengalaman saya, cara dengan bensin selalu berhasil pada bahan cutting sticker berjenis reflective seperti Seicholite, Prolite, Xlite, Kiwalite. Menggunakan teknik ini sangat gampang dilakukan, huruf huruf kecil yang sudah dipotong dibasahi dengan bensin. Tak usah terlalu banyak karena tidak untuk api unggun hehe.

Kalau saya sih penutup botol tempat saya menyimpan bensin saya lobangi dengan ujung jarum terkecil. Jadi saat menggunakan mudah, tinggal balik botol, tekan perutnya lalu dari lobang kecil di penutup botol akan keluar cipratan bensinnya. Crit crit crit. Kalau terlalu besar lobangnya akan menjadikan bahan cutting sticker terlalu basah.

Jangan biarkan terlalu lama. Jika bahan cutting sticker sudah dibasahi bensin segera lakukan pengopekan. Sebab, jika sudah basah dan pengopekan dilakukan belakangan justru bahan agak sulit diperlakukan dengan cara ini.

Kalau saya, kalau memang ini terjadi, misalnya saat bahan cutting sticker sudah basah eh tiba tiba ada tamu, bahan cutting sticker saya jemur lebih dahulu untuk menghilangkan efek dari bensin sebelumnya. Setelah kering saya basahi lagi.

Masukkan Freezer

Nah ini yang saya baca di salah satu forum sticker orang bule. Cara ini juga sangat sederhana, yakni memasukkan bahan cutting sticker yang sudah dipotong pola huruf kecilnya ke dalam freezer selama kurang lebih satu jam.

Gunanya agar terjadi pengerutan pada bagian huruf sehingga akan lebih mudah saat dikopek. Tips mana yang akan Anda coba?

Semoga bermanfaat dan hari hari mengopeki Anda tak lagi membuat kesal hehe.

Videonya berikut ini:



0 Response to "Cara Ngopeki Huruf Kecil dengan Mudah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel