Cara Pasang Sticker Mobil Sendiri (Sistem Kering)

cuttingstickerupdate - Cara pasang stiker mobil sendiri? Melihat betapa ribetnya tukang pasang stiker kayaknya mending diserahkan saja ke ahlinya ya hehe. Tetapi bagi kalian yang ingin merasakan bagaumana sensaninya, nggak ada salahnya kan untuk mencoba?

Cara pasang skotlet mobil adalah istilah yang sama untuk pembahasan kita kali ini. Memang, masih banyak konsumen atau pelanggan yang sering menyebut semua jenis bahan stiker dengan istilah skotlet.

Sebenarnya, dengan sedikit keberanian sobat bisa kok melakukan pekrjaan pemasangan stiker mobil sendiri. Sendiri di sini saya maksudkan dikerjakan tanpa bantuan tukang stiker profesional. Jadi bolah dikerjakan seorang diri, dibantu teman, istri, suami, sudara dan sebagainya.

Kali ini saya menjelaskan cara memasang sticker ke mobil dengan sistem kering. Sistem kering adalah pemasangan tanpa bantuan air yang sudah dicampur shampoo. Oh ya, mungkin ada diantara Anda yang pernah mendengar istilah wrapping.

Wrapping artinya membungkus, jadi sama saja dengan pemasangan, namun lebih umum diartikan sebagai memasang sticker pada bidang yang lebih luas, bahkan bodi mobil secara utuh. Namanya juga membungkus.

wrapping mobil sistem kering


Yang pasti, jika Anda bisa melakukannya sendiri akan muncul kebanggan. Dan Anda adalah salah satu orang yang berani mencoba. Wrapping mobil bagi pemula pasti merasakan sulitnya, meski tidak saya katakan tidak bisa. Anda bisa! Yang harus diperhatikan, Anda tahu ilmu dan tekniknya. 

Kalau ada yang bertanya cara pasang wrapping sticker, jawabannya ya ada di halaman atau artikel yang sedang kalian baca ini. Kalau belum tahu, ya baca artikel ini hehe. Siapa tahu kalian sebenarnya punya bakat terpendam dan cara pasang stiker mobil hasilnya sangat bagus. Kadang kan kita tidak menyadari keahilan sendiri, bukan?

Cara Pasang Stiker Mobil Butuh Peralatan

Silakan ikuti dan baca keterangan saya mengenai tema yang dibahas yaitu wrapping mobil. Sebaiknya Anda pahami dulu langkah demi langkahnya, kalau perlu bayangkan. Bayangkan saja seperti Anda membayangkan pacar Anda yang berada jauh di sana. 

Jangan bayangkan saat pacar Anda berselingkuh haha, bisa emosi nanti. Gagal deh belajar wrapping mobilnya. Oh ya, nanti salah sangka juga. Jika kita bicara cara pasang stiker mobil artinya memasang bahan stiker pada bodi mobil, bukan memasang stiker gambar mobil ke mobil.

Cara pasang stiker di mobil dan cara pasang stiker mobil kadang bisa dipersepsikan berbeda. Padahal niat saya sumpah hanya ingin berbagi. Janganlah diperdebatkan soal penefsiran kata-katanya ya...

Sebelumnya persiapkan peralatan yang akan kita gunakan untuk proses pemasangan bahan sticker ke bodi mobil. Persiapkan alat alatnya

Persiapkan Bahan Stikernya

Oke, saya umpamakan saja Anda menggunakan bahan sticker merek Oracal seri 61 jenis doff atau matt. Jenis ini gampang tandanya, permukaannya terkesan tidak halus, agak kasar jika diraba namun lagi ngetren di jagat wrapping.

Sekadar catatan, lebar Oracal adalah 120 centimeter x 50 meter. Nah, apa harus membeli satu rol? So sahabat, ukur dahulu lingkar bodi mobil Anda. Atau ukur saja sisi kanan berapa meter, pasti sisi kiri juga lebarnya sama, kecuali mobil Anda tidak proporsional hehe. Lalu ukur bagian belakang, depan juga.

Nah, depan pasti ketemu kap mesin. Lalu total panjangnya. Belilah bahan sticker sesuai kebutuhan. Ingat, hemat pangkal kaya hihi. Selanjutnya ikuti tahapan di bawah agar sukses cara pasang stiker oracal pada kendaraan.

Jangan Lupa Alat Pemotong

Cara pasang stiker mobil tidak bisa dilepaskan dari benda yang namanya alat pemotong. Bukan alat pemotong mobil, melainkan alat pemotong bahan sticker. 

Berdasarkan pengalaman anak-anak yang dahulu bekerja kepada saya, mereka terbiasa menggunakan pisau cutter merek SDI yang ada fitur pengunci (ada tulisan auto lock). Saat mata pisau ujungnya keluar, otomatis akan mengunci sendiri.

Ini penting agar saat pemotongan sisa bahan berlangsung dengan rapi. Untuk mata pisaunya bisa menggunakan merek Kenko, sifat bahan pisaunya agak lentur. Namun menggunakan pisau SDI juga tak apa apa meski agak kaku. Biasanya saya membelinya di toko buku seperti Gramedia atau Lotus, kadang kalau kehabisan di toko Fotokopi.

Hayo Mana Rakel atau Kape?

Jika serius ingin belajar cara memasang stiker mobil, harus punya rakel atau kape atau squeeze. Jangan kebalik jadi Karel, itu anak gadis tetangga hehe. Ada banyak sekali merek yang dijual di pasaran. Bila ingin kualtas, bisa membeli produk Oracal juga, namanya Orafol Squeeze.

Rakel ini nyaman di genggaman jari karena memang sudah didesain oleh pabrikannya untuk membantu memudahkan proses wrapping. Jika terpaksa tetapi Anda ngebet mau wrapping mobil sendiri, bisa gunakan potongan sandal jepit yang dibungkus kain halus.

Tetapi masak iya sih? Beli mobil yang harganya puluhan bahkan ratuisan juta masak beli kape sebiji saja nggak mau. Tetapi kalau memang sangat menghargai para pembuat sandal jepit, ya nggak papa deh. 

Pakailah kape dengan ujung dilengkapi kain lembut dan halus agar saat digunakan untuk menggosok tidak menimbulkan bekas pada bahan stickernya. Ingat bahan sticker bukan papan tulis yang bisa ditulisi lalu dihapus kapan saja (ah, jadi ingat zaman SD suka nyuri kapur di sekolah hehe).

Hotgun ya Bukan Seterika

Sebutannya hotgun, dari nama sebenarnya air heat gun. Alat ini bekerja menyemburkan hawa panas dari moncongnya, tingkat panasnya bisa diatur dari tombol yang ada di pegangan alat. Tetapi jika Anda berpikir ah hanya mencoba mengapa harus membeli hotgun?

Ya sudah, ambil hairdryer istri Anda sebagai gantinya. Tak ada juga di rumah? Pakai saja korek gas. Semakin ke belakang yang saya sebutkan, semakin sulit mengerjakannya. Lha kalau harus wrapping full bodi mobil pakai korek gas, jari tangan Anda bisa buesar buesar lho hahaha. Guna hotgun adalah melenturkan bahan sticker saat harus melewati bagian bodi mobil yang tidak rata.

Cara Wrapping Mobil Harus Ada Mobilnya

Sumpah syarat yang ini harus kalian penuhi jika ingin belajar cara pasang stiker mobil sendiri. Jangan cuma menggunakan mobil bayangan. Mau mobil sendiri, pinjam tetangga, pinjam dealer terserah. Pembahasan kali ini bukan bagaimana caranya meminjam mobil ke tetangga.

Bagaimana belajar wrapping mobil kalau mobilnya tidak ada? Kalau sedang dipakai belanja ya tunggu saja ya. Yang harus diperhatikan, bersihkan permukaan cat bodi dengan lap halus agar debu atau kotoran hilang.

Jangan anggap remeh debu yang nemempel, karena jika sticker sudah terpasang akan membentuk gundukan gundukan kecil yang mengganggu pemandangan.

Bagus juga menggunakan air yang dicampur shampo, lalu bersihkan atau lap dengan kanebo sampai benar benar kering.

Step by Step Cara Memasang Stiker Mobil

Nah sekarang sampai pada pembahasan utama yang sangat penting. Simak baik-baik sebab di akhir artikel bakal ada kuis berhadiah makan di rumah makan terdekat. yang bayar? Ya sendirilah.

Sisakan Bahan Stikernya

Karena bahan sticker bisa menyusut saat dipanaskan dengan hawa hotgun, ada baiknya menyisakan lebar sekitar 5 centimeter keliling agar semua bodi mobil bisa tertutup. 

Meski hanya tak menutup dua centimeter, tetapi jika bagian yang kurang di daerah yang sangat mudah dilihat dan harus disambung, sangat jelek hasilnya. Saya mulai dari salah satu sisi kanan atau kiri mobil.

Bentangkan bahan stickernya menutupi bodi, Anda bisa minta tolong teman atau saudara untuk membantu memegang ujung satunya. Lalu tempelkan pada bodi mobil, lihat apakah kira kira semua bodi samping sudah tertutupi?

Gunakan Magnetic Hook

Jika yakin sudah oke, ambil magnetichook, yaitu magnet yang khusus digunakan untuk membantu melekatkan bahan sticker ke bodi mobil. Tekanannya kuat, sangat membantu jika Anda terpaksa wrapping seorang diri. 

Letakkan magnetic hook pada bagian tengah bahan sebelah kiri dan bawah agar bahan tidak bergeser. Juga sudut sudut lain agar menutup sempurna. Kegunaan magnetic hook ini sangat membantu saat belajar cara pasang stiker mobil full body.

Tanpa magnetic hook juga bisa, gunakan solasi atau bahan sisa sticker. Kalau solasi, saya lebih suka menggunakan solasi kertas karena tahan dan mudah mengelupasnya lagi. Jika sudah, kelupas kertas bagian belakang sticker. Yang dikelupas adalah bagian belakang sticker tepat di tengah antara kanan dan kiri.

Tentukan Awalan Menggosok

Kupas kertasnya secara vertikal dengan lebar kira kira empat atau lima centimeter. Apa gunanya? Untuk mengambil posisi awal wrapping. Jadi memulainya dari tengah, lalu menyamping ke kanan atau kiri terserah Anda.  Jika bahan sticker tertempel di tengah vertikal, lebih mudah mengerjakan prosesnya.

Selanjutnya kelupas kertas stiker, boleh sisi kanan atau kiri dari patokan vertikal tadi. Kalau ditemani, Anda bisa minta tolong teman memegang bentangan bahan stickernya sementara Anda mulai menggosok dengan rakel. Pelan pelan saja, jangan sampai terlewat karena akan menimbulkan gelembung (masuk angin).

Bentang, Tarik, Panaskan

Gunakan gerakan teratur saat menyapu permukaan bahan sticker. Jikan teman Anda agak lelah dan bahan sticker yang belum digosok menempel di bodi tak usah khawatir, bahan sticker bisa ditarik lagi. Itulah mengapa dibutuhkan hotgun agar ketika bahan sticker tak sengaja menempel, ditarik agar kusam seperti kertas diremas, akan pulih mulus jika dipanasi hotgun.

Belajar cara pasang stiker mobil memang membutuhkan waktu sebenarnya. Karena kalian harus memehami sifat bahan stiker yang digunakan. Menggunakan bahan biasa dengan bahan premium akan berbeda penanganannya. Seperti tingkat panas yang harus dikeluarkan hotgun.

Sifat bahan sticker itu lebih mudah diulur melebar daripada menyempit, maka ambil bagian yang lebih sempit ke arah bidang yang lebih lebar. Jika ketemu bidang melengkung ke dalam, seperti bagian dalam handle pintu samping, ratakan dahulu tepinya, lalu panaskan bagian bahan sticker yang akan ditekan ke dalam mengikuti lekukan tadi.

Gerakan Rakel Searah

Gerakan atau pola menggosok usahakan searah, misalnya dari atas ke bawah, atau menyamping dengan arah keluar dari pusat awal menggosok. Teknik ini nanti akan ketemu dengan sendirinya jika Anda sering melakukannya.

Bahkan mungkin bagi profesional dan ahli atau masternya, proses ini bisa berlangsung singkat. Mengapa muncul gelembung? Karena Anda melewati beberapa milimeter saja saat menggosok, muncullah gelembung.

Bagaimana jika gelembung ada di tengah sedangkan proses wrapping sudah sampai tepi? Biarkan saja nanti coblos pakai ujung pisau cutter.

Rapikan Sisa Bahan

Terakhir, potong bagian bagian sticker yang tersisa. Contohnya pada lingkaran tempat ban pasti membentuk setengah lingkaran atau oval, ikuti tepi lengkungan dengan pisau cutter. Kemudian potong juga garis garis pertemuan antara pintu dengan bodi. Tidak sulit, masukkan saja ujung pisau cutter, akan terasa bagian yang kosong.

Ikuti saja sesuai bentuknya. Hati hati, jangan sampai keluar dari celah karena ujung pisau cutter Anda bisa saja menggoreng sticker dan mengenai cat mobil.

Sebelum saya akhiri, saya berikan catatan, mulai menggosok sticker untuk wrapping dari tengah sangat membantu saat menerima job branding atau stripping atau model lain yang membutuhkan simetris atau proporsional kiri kanan. Untuk wrapping full bodi polos, Anda bisa saja memulai menggosok dari tepi.

Baca Juga:

Toko Bahan dan Mesin Cutting Sticker di Indonesia

Tips Mengerjakan Cutting Sticker Lebih Cepat

Menyiapkan Usaha Cutting Sticker

Cara Pasang Stiker Mobil Fleksibel

Cara ini tidak baku, yang saya tulis hanya kebiasaan saya dan teman-teman di bengkel. Anda bisa mencobanya dan jangan takut salah. Mungkin Anda bisa menemukan cara yang lebih simpel dan cepat namun rapi.

Cobalah mana yang lebih nyaman untuk Anda. Semoga artikel ini berguna bagi sobatsticker yang ingin menekuni usaha cutting sticker.

Sama seperti pengerjaan sesuatu, kalian bisa saja menemukan teknik yang lebih cepat dan menguntungkan tentang cara wrapping mobil. Setiap orang akan memiliki pola pikir yang berbeda ketika mengerjakan sesuatu yang baru.

Sama seperti kalian yang memberanikan diri belajar cara memasang stiker mobil dengan sistem kering. Jangan putus atau kubur pertanyaan yang muncul, silakan dipraktikkan saja. Semoga bermanfaat. ***

0 Response to "Cara Pasang Sticker Mobil Sendiri (Sistem Kering)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel