PROMOSIKAN MESIN CUTTING, BAHAN STICKER ATAU USAHA STICKER ANDA DI SINI. HUBUNGI 0812 9039 8495

Cara Pasang Sticker Mobil Sendiri (Sistem Kering)


Memasang sticker untuk mobil sering disebut banyak orang sebagai pekerjaan yang hanya bisa dilakukan ahlinya. Memang benar, segala sesuatunya sebaiknya diserahkan ke ahlinya. Tetapi menurut saya, mengapa Anda tidak mencobanya? Paling tidak untuk mobil Anda sendiri? Yang pasti tak membutuhkan uang jasa pemasangan sticker, kan?

Kali ini saya menjelaskan cara memasang sticker ke mobil dengan sistem kering. Sistem kering adalah pemasangan tanpa bantuan air yang sudah dicampur shampoo. Oh ya, mungkin ada diantara Anda yang pernah mendengar istilah wrapping. Wrapping artinya membungkus, jadi sama saja dengan pemasangan, namun lebih umum diartikan sebagai memasang sticker pada bidang yang lebih luas, bahkan bodi mobil secara utuh. Namanya juga membungkus.

Yang pasti, jika Anda bisa melakukannya sendiri akan muncul kebanggan. Dan Anda adalah salah satu orang yang berani mencoba. Wrapping mobil bagi pemula pasti merasakan sulitnya, meski tidak saya katakan tidak bisa. Anda bisa! Yang harus diperhatikan, Anda tahu ilmu dan tekniknya. Kalau belum tahu, ya baca artikel ini hehe.

Langkah demi Langkah Wrapping Mobil

Silakan ikuti dan baca keterangan saya mengenai tema yang dibahas yaitu wrapping mobil. Sebaiknya Anda pahami dulu langkah demi langkahnya, kalau perlu bayangkan. Bayangkan saja seperti Anda membayangkan pacar Anda yang berada jauh di sana. Jangan bayangkan saat pacar Anda berselingkuh haha, bisa emosi nanti. Gagal deh belajar wrapping mobilnya.

a. Persiapkan alat alatnya

- Bahan stiker
Oke, saya umpamakan saja Anda menggunakan bahan sticker merek Oracal seri 61 jenis doff atau matt, yaitu bahan sticker yang permukaannya terkesan tidak halus, agak kasar jika diraba namun lagi ngetren di jagat wrapping. Sekadar catatan, lebar Oracal adalah 120 centimeter x 50 meter. Nah, apa harus membeli satu rol? So sahabat, ukur dahulu lingkar bodi mobil Anda. Atau ukur saja sisi kanan berapa meter, pasti sisi kiri juga lebarnya sama, kecuali mobil Anda tidak proporsional hehe. Lalu ukur bagian belakang, depan juga. Nah, depan pasti ketemu kap mesin. Lalu total panjangnya. Belilah bahan sticker sesuai kebutuhan. Ingat, hemat pangkal kaya hihi.

- Alat pemotong
Bukan alat pemotong mobil, melainkan alat pemotong bahan sticker. Berdasarkan pengalaman, saya terbiasa menggunakan pisau cutter merek SDI yang ada fitur pengunci (ada tulisan auto lock). Saat mata pisau ujungnya keluar, otomatis akan mengunci sendiri. Ini penting agar saat pemotongan sisa bahan berlangsung dengan rapi. Untuk mata pisaunya bisa menggunakan merek Kenko, sifat bahan pisaunya agak lentur. Namun menggunakan pisau SDI juga tak apa apa meski agak kaku. Biasanya saya membelinya di toko buku seperti Gramedia atau Lotus, kadang kalau kehabisan di toko Fotokopi.

- Alat penyapu atau penggosok
Untuk istilah bulenya squeeze, tetapi kebanyakan menyebutnya rakel. Jangan kebalik jadi Karel, itu anak gadis tetangga hehe. Ada banyak sekali merek yang dijual di pasaran. Bila ingin kualtas, bisa membeli produk Oracal juga, namanya Orafol Squeeze. Rakel ini nyaman di genggaman jari karena memang sudah didesain oleh pabrikannya untuk membantu memudahkan proses wrapping. Jika terpaksa tetapi Anda ngebet mau wrapping mobil sendiri, bisa gunakan potongan sandal jepit yang dibungkus kain halus. Harus kain lembut dan halus agar saat digunakan untuk menggosok tidak menimbulkan bekas pada bahan stickernya. Ingat bahan sticker bukan papan tulis yang bisa ditulisi lalu dihapus kapan saja (ah, jadi ingat zaman SD suka nyuri kapur di sekolah hehe).

- Alat pemanas
Sebutannya hotgun, dari nama sebenarnya air heat gun. Alat ini bekerja menyemburkan hawa panas dari moncongnya, tingkat panasnya bisa diatur dari tombol yang ada di pegangan alat. Tetapi jika Anda berpikir ah hanya mencoba mengapa harus membeli hotgun? Ya sudah, ambil hairdryer istri Anda sebagai gantinya. Tak ada juga di rumah? Pakai saja korek gas. Semakin ke belakang yang saya sebutkan, semakin sulit mengerjakannya. Lha kalau harus wrapping full bodi mobil pakai korek gas, jari tangan Anda bisa buesar buesar lho hahaha. Guna hotgun adalah melenturkan bahan sticker saat harus melewati bagian bodi mobil yang tidak rata.

b. Persiapkan mobilnya

Ini yang harus ada para sahabat. Bagaimana belajar wrapping mobil kalau mobilnya tidak ada? Kalau sedang dipakai belanja ya tunggu saja ya. Yang harus diperhatikan, bersihkan permukaan cat bodi dengan lap halus agar debu atau kotoran hilang. Jangan anggap remeh debu yang nemempel, karena jika sticker sudah terpasang akan membentuk gundukan gundukan kecil yang mengganggu pemandangan.
Bagus juga menggunakan air yang dicampur shampo, lalu bersihkan atau lap dengan kanebo sampai benar benar kering.

c. Mari Mulai Wrapping

Karena bahan sticker bisa menyusut saat dipanaskan dengan hawa hotgun, ada baiknya menyisakan lebar sekitar 5 centimeter keliling agar semua bodi mobil bisa tertutup. Meski hanya tak menutup dua centimeter, tetapi jika bagian yang kurang di daerah yang sangat mudah dilihat dan harus disambung, sangat jelek hasilnya. Saya mulai dari salah satu sisi kanan atau kiri mobil.

Bentangkan bahan stickernya menutupi bodi, Anda bisa minta tolong teman atau saudara untuk membantu memegang ujung satunya. Lalu tempelkan pada bodi mobil, lihat apakah kira kira semua bodi samping sudah tertutupi? Jika yakin sudah oke, ambil magnetichook, yaitu magnet yang khusus digunakan untuk membantu melekatkan bahan sticker ke bodi mobil. Tekanannya kuat, sangat membantu jika Anda terpaksa wrapping seorang diri. Letakkan magnetic hook pada bagian tengah bahan sebelah kiri dan bawah agar bahan tidak bergeser. Juga sudut sudut lain agar menutup sempurna.

Tanpa magnetic hook juga bisa, gunakan solasi atau bahan sisa sticker. Kalau solasi, saya lebih suka menggunakan solasi kertas karena tahan dan mudah mengelupasnya lagi. Jika sudah, kelupas kertas bagian belakang sticker. Yang dikelupas adalah bagian belakang sticker tepat di tengah antara kanan dan kiri. Kupas kertasnya secara vertikal dengan lebar kira kira empat atau lima centimeter. Apa gunanya? Untuk mengambil posisi awal wrapping. Jadi memulainya dari tengah, lalu menyamping ke kanan atau kiri terserah Anda.  Jika bahan sticker tertempel di tengah vertikal, lebih mudah mengerjakan prosesnya.

Selanjutnya kelupas kertas stiker, boleh sisi kanan atau kiri dari patokan vertikal tadi. Kalau ditemani, Anda bisa minta tolong teman memegang bentangan bahan stickernya sementara Anda mulai menggosok dengan rakel. Pelan pelan saja, jangan sampai terlewat karena akan menimbulkan gelembung (masuk angin). Gunakan gerakan teratur saat menyapu permukaan bahan sticker. Jikan teman Anda agak lelah dan bahan sticker yang belum digosok menempel di bodi tak usah khawatir, bahan sticker bisa ditarik lagi. Itulah mengapa dibutuhkan hotgun agar ketika bahan sticker tak sengaja menempel, ditarik agar kusam seperti kertas diremas, akan pulih mulus jika dipanasi hotgun.
Sifat bahan sticker itu lebih mudah diulur melebar daripada menyempit, maka ambil bagian yang lebih sempit ke arah bidang yang lebih lebar. Jika ketemu bidang melengkung ke dalam, seperti bagian dalam handle pintu samping, ratakan dahulu tepinya, lalu panaskan bagian bahan sticker yang akan ditekan ke dalam mengikuti lekukan tadi.

Gerakan atau pola menggosok usahakan searah, misalnya dari atas ke bawah, atau menyamping dengan arah keluar dari pusat awal menggosok. Teknik ini nanti akan ketemu dengan sendirinya jika Anda sering melakukannya. Bahkan mungkin bagi profesional dan ahli atau masternya, proses ini bisa berlangsung singkat. Mengapa muncul gelembung? Karena Anda melewati beberapa milimeter saja saat menggosok, muncullah gelembung. Bagaimana jika gelembung ada di tengah sedangkan proses wrapping sudah sampai tepi? Biarkan saja nanti coblos pakai ujung pisau cutter.

Terakhir, potong bagian bagian sticker yang tersisa. Contohnya pada lingkaran tempat ban pasti membentuk setengah lingkaran atau oval, ikuti tepi lengkungan dengan pisau cutter. Kemudian potong juga garis garis pertemuan antara pintu dengan bodi. Tidak sulit, masukkan saja ujung pisau cutter, akan terasa bagian yang kosong. Ikuti saja sesuai bentuknya. Hati hati, jangan sampai keluar dari celah karena ujung pisau cutter Anda bisa saja menggoreng sticker dan mengenai cat mobil.
Sebelum saya akhiri, saya berikan catatan, mulai menggosok sticker untuk wrapping dari tengah sangat membantu saat menerima job branding atau stripping atau model lain yang membutuhkan simetris atau proporsional kiri kanan. Untuk wrapping full bodi polos, Anda bisa saja memulai menggosok dari tepi. Cara ini tidak baku, yang saya tulis hanya kebiasaan saya dan teman-teman di bengkel. Anda bisa mencobanya dan jangan takut salah. Mungkin Anda bisa menemukan cara yang lebih simpel dan cepat namun rapi.
Cobalah mana yang lebih nyaman untuk Anda.

Saya share video wrapping bumper mobil dari youtube sebagai berikut:


Semoga artikel ini berguna Anda yang ingin menekuni usaha cutting sticker...

1 Response to "Cara Pasang Sticker Mobil Sendiri (Sistem Kering)"