PROMOSIKAN MESIN CUTTING, BAHAN STICKER ATAU USAHA STICKER ANDA DI SINI. HUBUNGI 0812 9039 8495

Hal Hal Berikut Penyebab Silhouette Tidak Memotong


 Silhouette memiliki keunggulan jika penggunaanya dimaksimalkan dengan cara yang benar

Memiliki mesin cutting sticker Silhouette sebenarnya sama dengan memiliki investasi yang cukup baik. Reputasi Silhouette sebagai mesin cutting buatan Amerika tentu tak diragukan lagi. Bagi yang pernah menggunakan CraftRobo, pasti sudah tahu bagaimana mesin kecil ini bekerja maksimal. Silhouette yang dibuat belakangan setelah CraftRobo lahir memiliki kelebihan yang tak ada pada CraftRobo.

Namun demikian, mesin secanggih apapun kadang membuat Anda sebagai pemiliknya sewot. Padahal tidak semuanya kesalahan mesin. Katanya manusia tempatnya lupa, hehe. Memang, jika kita sudah berniat memotong sesuatu dengan mesin cutting tiba tiba mesin tidak menyala, seandainya menyala ternyata bahan yang sudah kita masukkan tidak terpotong. Jangankan terpotong, jarumnya menyentuh bahan saja tidak. Haduh, bagaimana ini?

Berikut ini saya rangkum beberapa hal yang memungkinkan mesin cutting sticker Silhouette Anda tidak berfungsi sebagaimana layaknya mesin cutting:

1.  Mesin Cutting tidak Terpasang di Kontak

Terdengar konyol? Iya hehehe. Namun percayalah hal ini juga bisa Anda terima. Saya mengalami sendiri, memang bukan Silhouette mesin cutting dia. Malam malam dia menelepon saya hanya untuk mencari tahu mengapa mesin cuttingnya tidak menyala. Sebelum saya, dia sudah menelepon temannya yang lain dan memintanya agar menginstal ulang driver mesin cuttingnya. Ia lantas menelepon saya, menanyakan hal yang sama. Saat semua kemungkinan saya tanyakan dan oke oke saja, tiba tiba ia berteriak.

Rupanya mesin cuttingnya belum terpasang ke kontak listrik. Adalah anaknya yang sebelumnya mencolokkan kabel mesin printer ke lobang kontak yang sama. Karena bentuknya sama sama hitam, demikian juga ujung kabelnya teman saya itu tak berpikir yang menancap di lobang kontak listrik adalah kabel mesin printer. Nah, mengapa Anda tak mengecek terlebih dahulu apakah kabel mesin cutting sticker Anda memang sudah terpasang ke listrik atau belum?

2. Pengunci Pisau tidak Terpasang ke Holder

Mesin cutting sticker Craftrobo dan Silhouette memiliki pengunci pisau yang agak berbeda dengan mesin cutting sticker pada umumnya. Untuk mengunci pisau mesin cutting sticker Cameo, cukup dengan memutar bulatan yang dilengkapi pegangan pemutar ke arah kanan. Jika mengunci, akan terasa menempel di dinding pengunci.

Mengapa sampai tidak terkunci? Bisa saja Anda baru saja membersihkan ujung pisau mesin cutting atau menggantinya dengan yang baru. Kesalahan ini juga bisa menimpa Anda yang memiliki mesin cutting merek lain. Untuk mesin cutting lain, khususnya buatan China, untuk mengunci pisau cutting biasanya dengan diputar seperti baut. Jika kepala mur sudah menempel di pembatasnya, tidak bisa diputar ke kanan lagi berarti pisau sudah terkunci sempurna.

3. Holder Belum Turun secara Penuh di Tempatnya

Agar pisau mesin cutting sticker bisa memotong bahan, ia harus menyentuh permukaan bahan lalu menggores bagian yang berperekat. Persoalannya, bagaimana pisau akan memotong bahan jika holder sebagai rumah pisau cutting tidak dimasukkan sampai ke bawah.

Kita contohkan saja, separoh holder pisau mesin cutting sticker bagian bawah harus tiga centimeter turun dari pembatasnya. Jika yang Anda masukkan hanya dua centoimeter, sehingga holder bagian atas terlalu tinggi keluar, meski kekuatan pisau Anda buat maksimal pun ujung pisau tak akan mengenai permukaan bahan sticker. Hal ini bisa terjadi jika Anda terburu buru memasang holder pisau ke rumahnya. Belum penuh masuknya sudah dikunci. Akibatnya, seperti petinju selalu memukul tubuh lawannya namun tak ada satupun pukulan itu yang kena sasaran. Cape deeech...

4. Tidak Ada Pisau di Holder atau Kurang Keluar

Ini saya sendiri, bukan Anda. Bukan hanya sekali saya dibuat kecewa dengan sifat pelupa saya. Lha sudah capai capai menunggu cuttingan yang lumayan banyak, ternyata ujung mata pisaunya belum saya setel agar nongol dikit. Ujung pisaunya saja masih terbenam di lobang kepala holder, bagaimana bisa memotong? Dan kebiasaan jelek saya lain ialah menikmati udara di alam bebas alias meninggalkan ruang kerja ketika peralatan sedang memotong desain yang cukup banyak.

5. Cap Putih tidak Terpasang Tepat

Khusus pengguna Cameo, pada ujung bawah holder ada cap berwarna putih, di bawah angka angka yang juga berwarna putih. Aturan yang pasti harus dilakukan ialah, rapatkan cap tersebut. Antara cap dan bagian atasnya tidak boleh sama sekali ada jarak.

6. Lobang Holder Penuh Sampah

Jangan langsung terbayang sampah kulit kabel yang dimasukkan ke gorong gorong besar di sekitar Istana Merdeka, Jakarta hahaha. Itu mah ulah para pencuri yang seenaknya motong kabel yang sudah tak terpakai. Isinya mau tetapi kulitnya ogah... seperti makan telur saja ya hehe. Akibatnya sama, jika sama sama terhalang sampah ya tidak lancar pada ujungnya.

Sama Mas Bro, jika lobang holder pisau mesin cutting sticker Anda dipenuhi sampah bekas potongan bahan sticker dan tidakj diangkat, bisa membuat pisau mesin cutting tidak bekerja sempurna. Artinya tidak mencapai permukaan bahan karena tertahan oleh sampah sisa bahan cutting tadi. Sampah ini memungkinkan terjadi saat kita memotong desain kecil dengan bahan scotchlite (reflective) karena sifat bahan yang gampang putus.

7.  Tidak Ada Garis Potong

Ini bukan hanya untuk mesin cutting Cameo atau Craftrobo. Mesin cutting akan berfungsi jika file yang harus dipotong berupa vector. Jika tidak ada cut lines atau garis yang harus dipotong, mesin akan kebingungan. Mau ke utara, selatan, barat, timur, atas bawah, tenggara, baras daya, barat laut, timur laut dan mana lagi yang yang belum saya sebut?

Pokoknya file yang salah misalnya langsung diimpor dari folder gambar dan tidak diubah ke dalam vector ya mesin bingung. Kalau manusia diminumi puyer pusingnya hilang, lha kalau mesin?

8. Ingat Angka 6

Bagi pengguna Silhouette, sirip hitam di holer pisau mesin cutting sticker harus berada di angka 6, atau pisau tidak akan memotong sempurna atau bahkan tidak memotong sama sekali. Tidak sulit bukan mengingat hanya satu angka? Cukup angka 6. Kecuali jika saya menginginkan Anda mengingat angka 577.236.282.356.726.385.623 setiap kali mau menggunakan mesin cutting sticker Silhouette Anda, mungkin banyak lupanya.

Inga Inga... angka enam ya Bro. Jangan yang lain, nanti jadi angka judi online lho hahaha.

9. Pengaturan yang Salah

Maksudnya begini, Anda sebenarnya ingin memotong bahan kertas untuk kartu yang bahannya agak tebal. Sementara pada pengaturan pemotongan Anda memilih jenis media yang lebih ti[pis dengan tekanan pisau cutting sticker pada angka terendah.  Untuk pengguna Cameo, ikuti saja aturan yang benar pada Silhouette Studio agar proses pemotongan berjalan sempurna.  Namun sebelumnya, atur dulu ujung pisau di tempat yang benar.

10. Gangguan Perangkat Nirkabel

Pernahkah proses memotong pada Silhouette tidak berjalan sesuai rencana. Ada kesan tersendat sendat? Penyebabnya bisa jadi ada pada perangkat elektronik yang dioperasikan dengan sistem jarak jauh atau nirlkabel. Apalagi zaman sekarang printer pun dilengkapi fasilitas nirkabel biar lebih rapi. Cobalah cek apakah printer tersebut benar-benar masih digunakan, apakah drivernya yang juga diinstal pada komputer yang Anda gunakan untuk Silhouette masih dipakai? Matikan printer Anda, uninstal driver printernya, lalu cobalah menjalankan Silhouette seperti semula.

11. Material tidak Masuk

Apapun dan sehebat apapun daya ingat Anda, sebuah kesalahan kecil bisa saja terjadi. Meski tidak sering, bahkan bisa dihitung dengan jari selama bertahun tahun saya mengoperasikan mesin cutting sticker, namun saya pernah lupa tidak memasang bahan sticker ke mesin.

Demikianlah beberapa hal yang sangat memungkinkan mesin cutting sticker Silhouette Anda tidak menyala atau memotong tidak sempurna atau tidak mau memotong sama sekali. Semoga bermanfaat....

0 Response to "Hal Hal Berikut Penyebab Silhouette Tidak Memotong"

Post a Comment