PROMOSIKAN MESIN CUTTING, BAHAN STICKER ATAU USAHA STICKER ANDA DI SINI. HUBUNGI 0812 9039 8495

Memilih Masking Tape

Cutting Sticker tak bisa lepas dari masking tape. Memang ada pola cutting sticker setelah dipotong bisa dipasang dengan tangan tanpa masking tape. Namun masking tape tetap manjadi bagian penting bagi usaha cutting sticker.

Secara garis besar, ada dua jenis masking tape yang beredar di pasaran. Namun kebanyakan para pemain cutting sticker di Indonesia hanya mengandalkan salah satu masking tape.  Masking tape sejatinya adalah jembatan dari desain grafis vinyl ke tujuan yang hendak dicapai di media. Media bisa kaca, plastik, bodi kendaraan, dinding rumah atau permukaan lain yang lebih kasar.

Masking Tape Kertas atau Plastik

Ada tiga faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih masking tape, pertama kekuatan perekat masking tape dan bahan sticker, kedua kekuatan perekat antara masking tape dan media, dan kekuatan perekat antara bahan sticker dan media.Jika kekuatan perekat masking tape lebih kuat dari kekuatan perekat bahan sticker dan media akan menyulitkan dalam proses pemasanagn sticker. Saat masking dilepas, sticker yang sudah terpasang ikut tertarik dari media. Karena banyak jenis bahan sticker yang tak begitu lekat saat dipasang pada media.

1. Masking Tape Kertas

Pada dasarnya masking tape ini produk industri selotip.Meski kertas namun agak tembus pandang, masih bisa melihat bentuk cutting sticker saat dilapiskan. Namun tidak transparan. Kelebihan masking tape berbasis kertas adalah memiliki pori pori. Jika Anda ingin memasang cutting sticker dengan teknik basah, pemakaian masking tape kertas akan lebih menyenangkan. Karena berpori, air yang keluar saat ditekan dengan rakel bisa naik ke permukaan, membasahi masking tape kertas. Tekanan dari rakel dapat memaksa air keluar melalui pori pori masking tape, air dapat diberihkan dengan tisu atau kain halus.

Gambar dari http://www.signwarehouse.com/
Masking tape kertas juga pilihan tepat untuk pemasangan cutting sticker yang dibuat dari bahan berjenis doff atau matt atau di Indonesia kerap juga disebut bahan kabut. Yang populer ialah produk Oracal atau Mactac Doff. Masking tape akan menempel dengan kuat, dan saat mengelupas sticker dari backing papernya, akan terangkat dengan mudah.

2. Maksing Tape Plastik

Masking tape ini transparan karena terbuat dari plasti bening. Kelebihan masking tape ini untuk pemasangan sticker banyak warna yang harus ditimpa. Dengan sifatnya yang transparan akan sangat mudah menentukan posisi yang pas di mana bagian sticker akan ditempelkan di tempatnya. Cocok untuk sticker dengan desain yang rumit dan butuh banyak bagian yang harus disatukan.

Gambar dari http://www.signwarehouse.com/
Masking tape plastik tak dapat ditembus air sehingga tidak dianjurkan untuk pemasangan cutting sticker dengan sistem basah. Air di bagian bawah masking tape plastik tak akan bisa keluar, membuat perekat sticker ke media membutuhkan waktu yang lebih lama. Masking tape plastik juga venderung mengalirkan listrik statis. Akibatnya ia dengan mudah menyedot debu debu kecil yang tentu akan mempengaruhi kehalusan hasil pemasangan.

Jenis masking tape ini juga tak bisa diaplikasikan untuk bahan sticker yang membutuhkan pemanas untuk menempelkan atau mengeringkannya.  Misalnya untuk bahan sticker sablon t-shirt.  Semoga bermanfaat.

0 Response to "Memilih Masking Tape"

Post a Comment