PROMOSIKAN MESIN CUTTING, BAHAN STICKER ATAU USAHA STICKER ANDA DI SINI. HUBUNGI 0812 9039 8495

Mengenal Bahan Sticker Oracal dan Kegunaannya

Oracal adalah bahan sticker berkualitas asli buatan Jerman. Di Indonesia, bahan vinyl ini paling banyak dipakai khususnya untuk mereka yang menerima jasa wrapping (bungkus) kendaraan. Kelebihannya dibandingkan bahan lain buatan Tiongkok pada kelenturan bahan saat dipanaskan dengan heatgun serta ketahanan warnanya. Yuk kita kupas (buah kalee hehe) seri seri Oracal sesuai penggunaannya agar teman teman tidak salah pilih. Semua demi satu tujuan: kepuasan konsumen.

Selain kado bungkusan untuk orang tersayang, hadiah lain berupa
kendaraan yang diwrapping dengan Oracal akan menambah
suasana lebih menyenangkan.
a. Seri 651
Merupakan bahan sticker Oracal kelas menengah (Intermediate Cal). Ada dua jenis yaitu gloss dan matt (doff). Biasa diaplikasikan untuk cutting sticker, wrapping kendaraan, pembuatan huruf pada papan nama dan sejenisnya. Saya sendiri menggunakan jenis untuk untuk lapisan dasar pembuatan cutting sticker tumpuk karena konsumen biasanya ingin jika suatu saat stickernya akan dikelupas dan diganti desain baru tak akan kesulitan melepasnya. Jika lapisan bawah menggunakan scothclite (reflective) residu atau lem sisa akan menempel dan sulit melepaskannya.

Sebenarnya pabrikannya di Jerman juga mengeluarkan seri 621 yang dikategorikan Economy Cal. Namun sepertinya yang seri ini jarang ditemukan di Indonesia. Orang lebih familiar dengan Seri 651.

b. Seri 970
Hampir sama dengan 651 namun dengan kualitas yang lebih bagus, disebut dengan Premium Wrapping Cast. Dilihat dari namanya, ini sebenarnya jenis Oracal yang paling pas untuk wrapping kendaraan. Harganya lebih mahal dibandingkan seri 651. Seri 970 biasa diminta oleh pelanggan untuk prestis. Mereka adalah pemilik kendaraan yang lumayan berkelas. Bahan ini memiliki sifat tidak merusak cat asli kendaraan.

c. Seri 6510
Adalah seri neon dari 651. Warnanya tidak sebanyak 651. Bedanya dengan seri 651 adalah pada bagian belakang bahan stickernya. Jika pada Oracal 651 pada bagian belakang bahan yang berperekat sama dengan warna depan, sementara 6510 warnanya tidak padat menyeluruh.

d. Seri 631
Seri 631 (exhibition cal) untuk penggunaan dinding ruangan yang akan bisa dikelupas meski usianya dua tahun. Tidak cocok untuk diaplikasikan pada bagian luar yang terkena panas secara langsung. Juga cocok untuk melapisi barang barang yang ada dalam ruangan misalnya kotak tempat buku, rak, bingkai foto dan sebagainya. Namun jika memang ingin dipadukan, sticker untuk dindingnya bisa menggunakan seri 638 (wall art) matt. Misalnya untuk membuat wall sticker.

e. Seri 8300
Yang biasa berkecimpung dalam dunia advertising, tak ada salahnya mencoba Oracal seri 8300. Ia memiliki jenis transparan, bisa diaplikasikan di neonboks sehingga lampu yang dikeluarkan tidak terhalang sticker.

f. Seri 8500
Sticker oracal 8500 (translucent cal) hampir sama dengan oracal 8300 tetapi berbeda pada jenis kertasnya. Oracal 8300 berjenis transparan, sedangkan oracal 8500 berjenis translucent. Translucent (semi transparan) adalah kebalikan dari jenis scothlite. Scothlite akan berpejar apabila mendapat sinar dari depan, sedangkan translucent akan bersinar (sesuai warna sticker tersebut) apabila disinari dari belakang. Tentu cocok untuk advertising.

Jika ingin kualitas yang lebih bagus dari Seri 8500, Anda bisa coba Seri 8800 yang oleh pembuatnya diberi label Translucent Premium Cast.

Semoga artikel tentang bahan sticker ini bermanfaat bagi semuanya... Amiin.

2 Responses to "Mengenal Bahan Sticker Oracal dan Kegunaannya"

  1. biasanya kalo bikin garskin vapor. yg pake 651 di mana ya gan.
    makasih.
    ditukang scothlet ato. di toko percetakan

    ReplyDelete