PROMOSIKAN MESIN CUTTING, BAHAN STICKER ATAU USAHA STICKER ANDA DI SINI. HUBUNGI 0812 9039 8495

Mengganti Lapisan Pelindung Jalur Pisau Cutting Sticker

Ada satu bagian dari mesin cutting sticker yang jarang dibicatakan di forum forum. Persoalan yang ditanyakan sebenarnya sama, mengapa hasil cutting pada bahan cutting sticker tidak halus? Bahkan sampai bahan terluka, padahal psau cutting baru, blade holder sudah dibersihkan, vector pada seain juga sudah benar. Apa lagi yang harus dikerjakan?

Lapisan Pelindung Jalur Pisau

Bisa jadi upaya yang Anda lakukan di atas tidak menghentikan frustasi saat melihat hasil cutting sticker berantakan. Ada bagian yang tak terpotong, ada garus terputus, pinggir pola tidak rata dan sebagainya. Sekarang coba lihat dan arahkan pandangan mata Anda ke sebuah benda berupa lembaran pita memanjang yang berada di bawah jalur mata mesin cutting sticker Anda. Ada yang berwarna putih, hitam dan biru tua.

Jika diraba dengan tangan, permukaannya terasa halus namun lembut. Serolah olah ada bantalan yang melapisinya. Itulah lapisan pelindung jalur pisau cutting (Vinyl Sign Cutter Protection Strip). Kerusakan pada benda ini akan mempengaruhi hasil pemotongan.

Jika sampai lapisan pelindung jalur pisau ini luka, maka ujung mata pisau juga akan menekan tak sempurna. Persoalannya kedalaman (force) mata pisu mesin cutting sticker sudah Anda tentukan lewat tombol menu di bagian samping mesin. Kerusakan bisa karena pelindung jalur pisau ini sudah terlalu lama menerima goresan mata pisau, atau karena sebab yang lain. Menyebabkan ia tak lagi halus dan memberikan jalur mulus untuk pergerakan pisau mesin cutting sticker.

a. Jangan Asal Bersihkan

Mungkin yang terbersit dalam benak Anda melihat kondisi lapisan pelindung jalur pisau adalah mencoba membersihkannya. Bisa jadi berbagai cairan Anda gunakan. Misalnya bensin, dan hasilnya bisa jadi memperburuk keadaan. Apalagi dengan kain lap yang bahan kainnya tidak halus, kain bekas atau kain dengan tekstur benang yang kasar.

Adalah tindakan konyol jika Anda membersihkan atau mencoba manghaluskan kembali lapisan pelindung jalur pisau mesin cutting sticker dengan benda tajam. Misalnya Anda melihat ada bekas permen karet menempel karena anak Anda yang masih kecil dengan seenaknya menempelkannya di sana. Jika jalur pelindung ini tergores, apalagi tergores cutter yang sebenarnya Anda maksudkan untuk mengambil sisa perman karet tadi, dipastikan hasil cuttingan Anda akan ikut menanggung akibatnya. Apakah Anda berdosa? Saya rasa tidak, karena hanya melukai mesin, bukan melukai manusia. Namun jika pesanan konsumen tak sesuai keinginan, Anda juga bisa merasa bersalah.
Ibarat Anda melintasi jalan yang berbatu, lalu Anda taburkan tanah di atasnya, tetap saja roda kendaraan Anda tak bisa melaju mulus karena tanah yang melapisi bebatuan teksturnya tetap mengikuti bebatuan di bawahnya. Masih terasa naik turunnya.

b. Jangan Asal Ganti

Nah, sekarang sudah ketemu masalahnya. Pelindung jalur pisau mesin cutting sticker mengalami kerusakan parah. Bisakah dilapis dengan sesuatu yang permukaannya halus? Tidak, karena alat ini sudah dibuat dengan bahan yang memang khusus sehingga mampu melindungi jalannya pisau.
Bahan ini mampu menyesuaikan dengan pergerakan ujung pisau mesin cutting yang sedang bergerak memotong bahan. Meski terkesan lembut, ia cukup kuat untuk mendukung pemotongan bahan yang keras, tetapi juga cukup lembut untuk mencegah kerusakan pada ujung pisau. Sekali lagi inilah pentingnya Anda mengatur ujung pisau cutting pada holdernya. Jika ujungnya terlalu nongol keluar, apalagi tekanan jaum di angka besar (bisa terjadi pada pemula), yang terjadi adalah bahan cutting sticker terpotong sampai backing papernya dan ujung pisau mengenai langsung pelindung jalur mata pisau mesin cutting ini.

Untuk mengatasinya, cobalah hubungi toko mesin cutting sticker di mana Anda dulu membelinya. Beli yang bentuknya sama. Untuk menggantinya, Anda harus hati hati melepaskan pelindung jalur pisau yang lama. Ia memiliki lem atau perekat yang kuat pada bagian bawahnya. Jika Anda tarik, masih ada residu atau sisa lem yang melekat pada bagian bawah dan menempel di kerangka mesin.
Bersihkan dahulu sisa lem tersebut sampai benar-benar bersih. Jika sudah dan Anda yakin memang sudah bersih, gantilah dengan yang baru. Hati hati juga, jangan sampai Anda memasangnya tidak lurus. Intinya, bahan pengganti juga harus lurus menempel di bekas benda sebelumnya. Karena ia akan menjadi jalur pisau mesin cutting sticker, memasangnya harus benar-benar lurus. Untuk membantu pemasangan lurus, Anda bisa memasang tanda dengan bahan sticker yang dipotong lurus sepanjang pelindung jalur pisau tadi. Lebarnya kira kira saja, lalu pasang di tepi pelindung jalur pisau yang lama. Gunanya agar saat Anda memasang pelindung jalur mata pisau yang baru bisa menempelkan tepinya dengan stiker pembantu tadi sehingga benar-benar lurus.

Pada mesin cutting bermerek, biasanya di bawah lapisan pelindung jalur pisaunya dilengkapi tanda berupa garis lurus kecil sebagai alat bantu pemasangan strip yang baru.

Setelah itu tekan dengan hati hati dan merasa agar tak ada yang bergelombang. Debu yang ada dan tidak Anda bersihkan bisa berakibat fatal karena menimbulkan pelapis pelindung akan sedikit mengembung. Memang dilihat dengan mata biasa seakan rata, namun pisau cutting akan merasakannya berbeda.

Video berikut ini bisa Anda saksikan. Di sini adalah tutorial penggantian lapisan pelindung jalur pisau pada Roland Versa Studio BN-20, pada dasarnya bisa dipraktikkan pada mesin cutting sticker merek lain.



Semoga Artikel ini membantu...

0 Response to "Mengganti Lapisan Pelindung Jalur Pisau Cutting Sticker"

Post a Comment