PROMOSIKAN MESIN CUTTING, BAHAN STICKER ATAU USAHA STICKER ANDA DI SINI. HUBUNGI 0812 9039 8495

Menjadi Tukang Sticker Berpenghasilan Ganda


Anda memiliki usaha cutting sticker? Anda juga sekaligus tukang desain stickernya? Pernahkah Anda ingin menambah penghasilan di luar potong memotong cutting sticker, bisa dikerjakan di sela sela waktu saat toko Anda tak ada pembeli atau konsumen? Atau bisa dikerjakan sebagai sambilan malam hari? Jadilah tukang sticker yang mendunia kawan.

Menjadi Desainer Lepas Logo

Sebenarnya ada peluang bagi tukang sticker mendapatkan penghasilan rangkap atau ganda. Memang tak semudah membalik telapak tangan, namun tak ada salahnya mencoba karena Tuhan akan memuliakan manusia yang mau bekerja keras (berusaha) disertai doa. Uraian untuk topik ini akan saya awali dengan sebuah kisah nyata yang mendunia. Dan itu berasal dari sebuah kampung bernama Kaliabu, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kini kampung ini dikenal dengan sebutan Kampung Desain karena rata rata pemudanya memiliki pekerjaan sambilan sebagai desainer lepas. Kampung desain digagas oleh mantan sopir bus bernama Muhammad Abdul Bar. Ialah yang menggerakkan pemuda pemuda di kampungnya untuk belajar menjadi desainer logo. Hasil karya mereka bukan hanya dihargai oleh perusahaan di Indonesia, melainkan juga perusahaan perusahaan asing. Untuk memberikan gambaran, bisa disaksikan pada video yang saya ambil dari Youtube di bawah ini.


Komunitas ini diberi nama Rewo Rewo, karena latar belakang desainernya beragam, Ada yang petani, tukang batu, tukang las, tukang bakso dan sebagainya. Bar dan teman temannya harus menerjemahkan permintaan atau order dari perusahaan asing dengan Google Translate karena keterangan yang disampaikan dalam bahasa Inggris. Bayangkan sahabat sahabat, sampai seperti itu mereka berusaha. Dan dalam tiga tahun, dari hasil kontes desain logo Rewo Rewo mampu menghasilkan uang senilai Rp6-8 miliar.

Disini kita bisa mendapatkan pembelajaran dari perjungan mereka. Untuk meraih kesuksesan tidak melihat latar belakang kehidupan kita. Yang terpenting adalah mau berusaha dan pantang menyerah. Sementara tukang sticker? Dengan pekerjaan sehari hari mendesain sticker pesanan konsumen, familiar dengan program grafis seperti CorelDraw, Adobe Ilustrator. Bukankah ada kesempatan untuk menjadi teman teman di Kaliabu?

a. Pengguna Logo Luar Negeri

Anggota Rewo Rewo memanfaatkan website 99.designs untuk mengikuti kontes. 99designs adalah sebuah sebuah perusahaan yang mengelola marketplace online, yakni tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi di internet, namun khusus di bidang desain grafis. 99designs berkantor pusat di San Fransisco, Amerika Serikat, dan juga memiliki kantor cabang di Melbourne, Berlin, Paris, London, dan Rio de Jeneiro.

Tampilan Halaman Ko
Foto diambil dari www.99designs.com
Perusahaan ini menciptakan produk mereka secara crowdsourcing, yakni satu proyek ditawarkan kepada banyak orang dan pekerjaan tersebut dapat diselesaikan dengan mendapat masukan dari beberapa orang. Melalui perusahaan ini, pelanggan dapat meminta para desainer untuk menyerahkan desain mereka dalam sebuah kontes untuk membuat produk desain seperti website, T-shirt, atau logo. Dari beberapa desain yang diajukan, pelanggan akan memilih desain terbaik. Desainer yang terpilih akan memenangkan uang tunai. 

b. Pengguna Logo Dalam Negeri

Jika ingin mencoba website serupa di Indonesia, teman teman bisa mencoba mendaftar di sribu.com. Di sini klien adalah pemilik perusahaan lokal. Satu desain logo dihargai berbeda. Anda bisa mengetahui Logo A misalnya, dihargai berapa karena dicantumkan. Juga dituliskan sudah berapa desain yang ikut kontes. 

Kontes Logo di sribu.com
Gambar dari www.sribu.com
Ada begitu banyak perusahaan yang membutuhkan desain desain berkualitas. Bahkan bisa jadi logo sebuah tempat bakso di dekat toko Anda menggunakan jasa desainer lewat sribu.com. Kalau baksonya sudah difranchise-kan (waralaba) tentu tak jadi soal pemiliknya membayar hasil kerja kreatif seorang desainer yang sudah membuatkan logo usahanya. 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi tukang tukang sticker di Indonesia yang ingin berpenghasilan ganda.

0 Response to "Menjadi Tukang Sticker Berpenghasilan Ganda"

Post a Comment