PROMOSIKAN MESIN CUTTING, BAHAN STICKER ATAU USAHA STICKER ANDA DI SINI. HUBUNGI 0812 9039 8495

Yuk Sablon Kaos dengan Mesin Cutting Sticker

Mesin cutting sticker tak hanya bisa dimanfaatkan untuk mencetak cutting sticker yang diaplikasikan ke motor, papan nama dan sebagainya. Jika Anda kebetulan ingin menyablon kaos Anda dengan logo tempat usaha dengan desain yang sederhana, bisa minta bantu mesin cutting sticker. Untuk kegiatan ini yang Anda butuhkan selain mesin cutting sticker dan PC tentu saja, ialah papan screen yang biasa dipakai untuk sablon manual, cat atau pewarna dan rakel.

Pertama, desain logo atau apa saja yang ingin Anda sablon di kaos. Kemudian seperti biasa, cutting di bahan cutting sticker. Kemudian kelupas (kopeki) bagian bagian yang akan membentuk gambar. Jangan salah ngopek, bukan bahan di luar pola yang dibuang. Setelah selesai pasanglah masking tape ke atasnya.

Mengapa harus dipasang masking tape? Karena pada beberapa bagian di desain ada bagian yang terlepas jika tidak menggunakan masking tape. Misalnya pada huruf A, ada segitiga kecil di atas, demikian juga dengan hruf huruf dengan lobang. Huruf R, O, B, D, P, Q sudah pasti memiliki lobang yang harus diperhatikan. Bisa juga sih Anda angkat bahan cutting sticker yang sudah ada pola sablonnya tanpa masking, namun pasti membutuhkan kesabaran dan ketelitian yang luar biasa. Anda harus menempel satu satu bagian yang terlepas tadi dengan tangan.

Jangan seperti apa yang sering kita dengar jika sudah berurusan dengan birokrasi: bila bisa dipersulit mengapa harus dipermudah. Ilmu cutting sticker harus bisa berpedoman kebalikannya: jika bisa dipermudah mengapa harus dipersulit?

Langkah selanjutnya, angkat bahan cutting sticker tadi lalu tempelkan pada bagian dalam kotak screen yang banyak dijual di toko toko sablon di kota Anda. Jangan lupa bersihkan screen sebelumnya. Setelah yakin semua bagian menempel secara rata, lepaskan masking tapenya secara perlahan. Meski sudah menggunakan masking tape, pasti ada beberapa bagian yang maunya ikut terangkat bersama masking tadi. Apalagi jika tanpa masking, weh capeknya. Padahal cuma ingin membuat satu sablon untuk kaos sendiri.

Setelah semua beres, saatnya menyiapkan rakel Anda untuk prose penyablonan manual. Untuk mengetes hasil sablon, atau kerapian cuttingan, Anda bisa tidak langsung menaruh kaos atau baju di balik screen. Bisa dicoba dengan menggunakan kertas. Untuk menjelaskannya secara visual, Anda bisa menyaksikan beberapa video yang saya link dari Youtube berikut:



Tetapi jika Anda yakin sudah rapi, langsung saja kita praktikkan di kaos atau baju. Ambil cat khusus untuk sablon yang juga mudah ditemukan di toko alat percetakan atau sablon. Dengan bantuan rakel, sapulah cat tersebut secara merata sehingga semua bagian cutting sticker yang tadi kita kopeki (kelupas) tersapu semua oleh cat.

Proses ini tak hanya bisa dipakai untuk satu kali sablon. Jika Anda membutuhkan beberapa kaos untuk disablon, tinggal mengulangi lagi menuang cat lalu sapukan rakel. Begitu seterusnya. Mudah bukan proses sablon manual dengan negatif film hasil akal akalan dengan mesin cutting sticker? Semoga menginspirasi dan membantu.

0 Response to "Yuk Sablon Kaos dengan Mesin Cutting Sticker"

Post a Comment