PROMOSIKAN MESIN CUTTING, BAHAN STICKER ATAU USAHA STICKER ANDA DI SINI. HUBUNGI 0812 9039 8495

Mesin Cutting

Mesin Cutting Sticker adalah impian pedagang cutting sticker. Setelah sebelumnya saya menguraikan memulai berjualan cutting sticker kakilima serta menerima orderan secara manual, saatnya kita berpikir lebih jauh. Bisa jadi hasil cutting stricker manual Anda lebih menarik bentuknya, namun jika ada orderan dalam jumlah besar, akan lebih menguntungkan jika membuatnya dengan mecin cutting sticker.

Apa Itu Mesin Cutting Sticker?

Mesin cutting sticker adalah seperangkat mesin yang digunakan untuk memotong desain cutting sticker yang ada di komputer. Selain disebut mesin cutting sticker, alat ini juga kerap dinamakan mesin plotter. Artinya sama saja. Hanya soal penyebutan. 

Mesin cutting sticker

Secara garis besar, mesin cutting sticker memiliki bagian bagian berupa roda penjepit bahan. Jumlahnya berbeda antara mesin satu dengan lainnya. Biasanya semakin panjang ukuran mesin cutting sticker, semakin banyak roda penjepitnya. Guna roda ini untuk menjepit bahan cutting sticker agar menempel dengan kuat di permukaan mesin. Yang membedakannya dengan printer biasa ialah, mesin cutting sticker memiliki semacam head namun digunakan sebagai tempat memasang holder atau rumah mata pisau. Mengapa disebut cutting karena memang alatnya dilengkapi pisau cutting. Pisau yang digunakan juga pisau khusus. Beda merek beda mata pisaunya. Namun sekarang pabrikan Tiongkok membuat holder yang bisa dipakai untuk pisau cutting yang banyak beredar di pasaran.
Mesin cutting sticker juga dilengkapi monitor kecil serta tombol pengatur. Fungsi tombol pengatur ini untuk menggerakkan bahan sticker ke atas dan ke bawah, serta mengatur posisi pisau cutting. Monitor ada yang manual ada yang layar sentuh. Bisa dioperasikan semua. Untuk membuat bahan cutting sticker bisa bergerak ke atas dan ke bawah, mesin ini dilengkapi roller atau roda penggerak yang dijepit oleh roda. Roda dan roller berputar membuat bahan bisa naik dan turun. Sementara jarum akan memotong ke kanan dan ke kiri. 
Hanya garis yang bisa dibaca oleh mesin cutting. Itu sebabnya ada beberapa orang yang bingung mengapa mesin cutting stickernya tak bereaksi ketika ingin digunakan untuk mencetak gambar. Karena gambarnya belum ditrace atau dibuat outlinenya. Berbeda dengan mesin printer yang dapat mencetak banyak warna sekaligus, mesin cutting sticker hanya akan memotong satu warna dalam satu kali proses pemotongan. Jika Anda ingin membuat cutting sticker tiga warna, harus memotong tiga kali. Dan warna yang dihasilkan bukan dari tinta karena mesin cutting sticker tidak dilengkapi tinta. (Ada yang dilengkapi tinta, namanya msein print n cut, jadi setelah mencetak lalu dipotong. Dua fungsi ini ada dalam satu mesin).
Demikian penjelasan saya mengenai mesin cutting sticker.

0 Response to "Mesin Cutting"

Post a Comment