PROMOSIKAN MESIN CUTTING, BAHAN STICKER ATAU USAHA STICKER ANDA DI SINI. HUBUNGI 0812 9039 8495

Perawatan Mesin Cutting Sticker

Dengan perawatan yang benar dan berkala, mesin cutting sticker akan bertahan lebih lama dan kinerjanya bisa tetap optimal.
Merawat mesin cutting sama saja merawat investasi.


Merawat mesin cutting sticker, perlukah? Mesin Cutting Sticker adalah produk buatan manusia. Seperti produk lainnya, seiring perjalanan waktu pasti mengalami masalah. Ada yang ringan, sedang bahkan fatal. Kepedulian pemilik Mesin Cutting Sticker sangat diperlukan agar modal bekerja ini bisa tetap setia mengalirkan penghasilan. Pasti ada pemilik Mesin Cutting Sticker yang merasa ia sudah mengoperasikannya dengan benar namun suatu hari Mesin Cutting Stickernya mengalami masalah. Nah, perawatan bukan hanya soal mengoperasikan dengan benar, namun ada beberapa sudut yang juga harusdiperhatikan.

Tips Merawat Mesin Cutting Sticker Agar Awet

a. Untuk daerah yang arus listriknya mengalami pasang surut, naik turun arau bahkan byar pet, ada baiknya melengkapi dengan  uninterruptible power supply (UPS) atau sumber tenaga cadangan. Meski merupakan sebuah alat tambahan, alat ini memiliki peran sangat besar pada rangkaian komputer. Pada personal komputer atau PC, tidak terdapat batere yang berfungsi sebagai tempat cadangan energy sehingga ketika kabel penyalur  listrik dilepas atau listrik mati, komputer akan langsung mati. Akibatnya, data yang dibuat dengan komputer tanpa disimpan sebelumnya akan terhapus  begitu saja. Terlebih, aliran listrik yang naik turun atau sering terputus pada komputer akan membuat komponen – komponen komputer menjadi tidak awet atau lebih mudah rusak.

Itulah mengapa sebuah UPS sangat diperlukan oleh setiap komputer. Alat ini dijual dengan bebas di pasaran dan terdapat berbagai pilihan tipe sesuai dengan kapasitas penyimpanan energinya. Anda bisa memilih kekuatan menyimpan energy dari beberapa menit hingga beberapa jam. Kapasitas penyimpanan energy tersebut juga akan menentukan harga dari masing – masing jenis power supply
tersebut. Dengan memiliki alat ini, Anda bisa memiliki sedikit energy listrik cadangan untuk mematikan komputer secara normal serta menyimpan data yang belum sempat tersimpan sebelumnya. Dengan begitu, Anda tidak lagi akan mengalami kerugian.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, UPS merupakan alat yang berfungsi sebagai menyimpan energi listrik cadangan pada komputer. Penyimpanan tenaga listrik cadangan ini bersifat darurat dan hanya untuk menghindari matinya komputer secara tiba sehingga menimbulkan kerusakan atau hilangnya data penting yang sudah Anda kerjakan dengan susah payah.

Selain sebagai penyimpan energi cadangan, UPS juga memiliki fungsi sebagai stabilizer. Stabilizer pada rangkaian computer akan bekerja sebagai alat yang menstabilkan aliran listrik yang digunakan untuk menyalakan komputer. Dengan menggunakan alat penstabil listrik ini, rangkaian komputer dan komponen – komponennya akan menjadi lebih awet karena aliran listrik yang mengalirinya selalu stabil serta sesuai dengan jumlah yang diperlukan. Cukupkah hanya seperti ini merawat mesin cutting sticker? Eeee baca dulu berikutnya brow.

b. Matikan Mesin Cutting Sticker setiap kali selesai digunakan. Masih banyak yang membiarkan Mesin Cutting Sticker mati mendadak ketika saklar di stop kontak listrik di-off-kan. Yang dimatikan lewat cara benar hanya komputernya. Padahal, komputer dan mesin cutting sticker sama sama pentingnya bagi sebuah usaha cutting sticker.

c. Bersihkan mesin dengan cara dilap menggunakan lap kain bersih secara rutin setiap kali selesai dipergunakan. Kemudian jika memungkinkan, bungkus mesin menggunakan kain pembungkus mesin agar debu tidak masuk ke dalam rangkaian elektronika di dalamnya. Bila ada kuas dengan bulu halus, bisa juga digunakan untuk bagian bagian yang tak bisa dijangkau oleh kain lap.

d. Selain UPS, sebaiknya gunakan stabilizer karena listrik yang tidak stabil dapat merusak mesin cutting sticker, biasanya dapat merusak mainboard atau komponen elektronik lainnya.
e. Mesin Cutting Sticker bukan mesin seperti sepeda motor. Saat putaran motor mesin cutting sticker kurang lancar, jangan asal tuang oli ke bagian tersebut. Sebaiknya gunakan spray silicon secukupnya saja pada bagian-bagian tertentu yang berputar.

f. Pasanglah pisau pada bagian holder dengan tepat, jangan sampai terlalu menonjol keluar. Pisau yang terlalu menonjol akan menyebabkan kerusakan pada mata pisau beserta alasnya. 

g. Hindari menggunakan settingan pressure atau tekanan yang terlalu tinggi, aturlah secukupnya saja. Karena tekanan yang terlalu tinggi akan memaksa mesin bekerja ekstra keras. Sehingga dalam jangka waktu tertentu dapat merusak komponen elektronik di dalamnya. Jangan terlalu irit soal mata piasu. Jika memang ketajamannya tak bisa lagi dipertahankan, lebih baik ganti saja dengan yang baru.

h. Adakalanya Mesin Cutting Sticker tak bereaksi saat diberikan perintah dari komputer. Biasanya kita langsung mencabut dan mencolokkan kembali kabel USB pada mesin cutting sticker saat mesin dalam keadaan hidup atau menyala. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada board USB mesin tersebut. Memang tidak terjadi sekaligus, namun pelan pelan akan berpengaruh.

i. Sebanyak apapun order cutting sticker Anda, sebaiknya perlakukan Mesin Cutting Sticker seperti Anda memperlakukan tubuh Anda. Mesin Cutting Sticker juga butuh istirahat. Jangan paksakan bekerja terus menerus hanya untuk mengejar setoran. Jika memang terpaksa, akan lebih bagus jika Mesin Cutting Sticker diletakkan dalam ruangan ber-AC. 

Merawat mesin cutting sticker seharusnya dimulai sejak Anda memilikinya. Pikirkan prinsip ekonomi, saat akan membelinya Anda pasti menginginkan Mesin Cutting Sticker sebagai sebuah investasi. Jangan hanya karena malas atau terburu-buru, perawatan Anda abaikan. Meski Mesin Cutting Sticker Anda bermerek terkenal, perawatan tetap saja diperlukan. Baca dengan teliti buku panduan yang disertakan saat Anda membeli Mesin Cutting Sticker. Jangan menganggap remeh soal perawatan. 

Merawat Mesin Cutting Sticker sama saja dengan merawat investasi Anda.

1 Response to "Perawatan Mesin Cutting Sticker"

  1. mau tanya...mesin graphtec ce5000-60 sy bermasalah...dilayar display/lcd nya tertulis Y POSITION ALARM...gmna cara ngatasinya???? biar kembali normal..

    ReplyDelete