PROMOSIKAN MESIN CUTTING, BAHAN STICKER ATAU USAHA STICKER ANDA DI SINI. HUBUNGI 0812 9039 8495

Mesin Cutting Servo dan Stepper, Piliha Mana?

Secara haris besar, hanya ada dua sistem penggerak pada motor mesin cutting sticker. Keduanya adalah Stepper dan Servo. Singkatnya, motor stepper didorong oleh magnet yang dipotong menjadi beberapa bagian. Ketika magnet berdenyut, mereka memutar satu tingkat. Sebuah motor stepper khas mungkin memiliki 200 takik per revolusi. Sedangkan servo adalah motor biasa dengan disk encoder di belakang poros yang dapat dibaca oleh optik. motor memiliki rem juga. motor berputar, membaca posisinya di disk encoder dan kemudian berhenti poros atas perintah.

Mengecek sistem motor penggerak Jinka
Spesifikasi Jinka 451 XL sistem penggerak motor Stepper.
Servo Motor adalah sebuah motor dengan sistem umpan balik tertutup di mana posisi dari motor akan diinformasikan kembali ke rangkaian kontrol yang ada di dalam servo motor.  Motor ini terdiri dari sebuah motor DC, serangkaian gear, potensiometer dan rangkaian kontrol. Potensiometer berfungsi untuk menentukan batas sudut dari putaran servo. Sedangkan sudut dari sumbu servo motor diatur berdasarkan lebar pulsa yang dikirim melalui kaki sinyal dari kabel motor.

Dari uraian tersebut, mesin cutting sticker dengan penggerak motor sistem servo memiliki beragam keunggulan.

a. Gerakan motornya sangat tenang, saat sistem bekerja Anda bahkan tak dapat mendengarnya. Jika Anda sedang menerima telepon dari konsumen pada saat mesin cutting sticker Anda sedang beroperasi namun penelepon tak mendengar bunyi apapun selain suara Anda dipastikan mesin cutting sticker Anda berjenis penggerak Servo. Catatan pada poin ini, Anda menerima panggilan telepon teman dekat dengan posisi mesin cutting sticker.

Mengecek sistem motor penggerak Roland

b. Motor Servo sangat kuat dan menjaga akurasi di bawah beban berat karena umpan balik loop tertutup. Kemampuan menyelesaikan beban berat ini erat kaitannya dengan jenis bahan sticker yang Anda potong. Bahan yang tebal, liat, membutuhkan penggerak motor yang kuat. Berbeda dengan Motor Stepper yang akan terasa tak lancar saat digunakan untuk memotong bahan tebal, jika dipaksakan bahan tidak terpotong sempurna. Ada yang sudut sudutnya tak terpotong atau sebagainya.

c. Motor Servo jauh lebih akurat daripada motor stepper. Karena memanfaatkan sistem umpan balik loop tertutup dengan penginderaan pada posisi poros motor, sistem ini akan mencari titik yang harus dipotong dengan akurat. Berbeda dengan Stepper, saat perintah diberikan masih menyisakan kemungkinan untuk melambat atau selip pada pergerakannya, sehingga belum sampai pada titik terakhir dimaksud, ia sudah berhenti meski hanya nol koma sekian mili.

d. Motor Servo lebih cepat sedikit dibandingkan stepper. Ini terjadi saat memotong bahan sticker yang tidak tebal.

Biasanya, mesin cutting sticker dengan sistem penggerak Servo harganya lebih mahal. Seperti peribahasa kuno yang kenyataannya tidaklah kuno, yaitu ono rego ono rupo (bahasa Jawa, arti bebasnya ada harga ada rupa atau bentuk). Nah, Anda mau memilih mesin cutting sticker yang mana? Model motor Servo atau Stepper?

0 Response to "Mesin Cutting Servo dan Stepper, Piliha Mana?"

Post a Comment