Cara Pasang Sticker Mobil Sendiri (Sistem Basah)

cuttingstickerupdate - Cutting sticker update kali ini mengupdate artikel tentang memasang sticker mobil sendiri dengan cara dibasah basahin air. Terbukti, air memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan, bahkan bermanfaat dan sangat membantu untuk pemasangan sticker sistem basah.

Sebelum melangkah ke materi soal ujian, hahaha... maaf mungkin karena hari hari belakangan ini beberapa pelanggan sticker cutting saya tak kelihatan di toko karena mengerjakan ujian nasional.

wrapping full body mobil


Setiap pekerjaan harus disertai peralatan atau tool yang mendukung kegiatan itu sendiri. Pekerjaan yang dadakan dan asal asalan hasilnya juga akan mendapatkan tanda jempol ke bawah. Pasti Anda tak mau dong.

Alat-alatnya

Peralatan sepertoi di baeah ini mutlak diperlukan. Bisa diganti bentuknya namun fungsinya sama. Misalnya penyemprot mau pakai yang bentuk tempat airnya bulat atau kotak sama-saja. Juga tak masalah jiga menggunakan penyemptor yang dipompa.

Botol Penyemprot

Botol ini sudah diisi air putih yang dicampur dengan shampoo. Oleh pabrikan di luar negeri sono, sebenarnya sudah ada cairan khusus untuk proses wrapping, namun seperti diketahui kita adalah mahluk yang suka menggunakan alat alat sederhana berharap mendapatkan hasil yang istimewa.

Untuk takarannya silakan dicoba sendiri (biar Anda juga ikut sibuk haha). Jika terlalu banyak shampo akan menghambat proses menempelnya bahan sticker di cat bodi mobil. Sementara jika shamponya kurang, bahan akan terlalu cepat menempel dan Anda harus tarik, lepas, tarik, lepas.

Yang pas, bahan yang ditempelkan masih bisa digeser geser dalam jangka waktu yang cukup bagi Anda menempetkan bahannya menutupi semua bagian yang akan diwrapping. Ya sudah saya bocorkan saja deh hehe, untuk satu botol air campur saja dengan setengah saset shampo.

Rakel atau Alat Penggosok

Peralatan ini dilapisi kain lembut. Guna kain lembut untuk menjaga permukaan bahan sticker tidak tergores. Apalagi sekarang rakel beragam jenis, ada yang dibuat dari bahan dasar karet dan kaku. Bila tepinya tak rata dan digunakan untuk menggosok sticker, bisa bisa stickernya mblarut mblarut atau tergores gores.

Heatgun atau Alat Pemanas

Kalau tak ada ya sudah pinjam hairdryer istri hehe. Heatgun atau ada juga yang menyebutnya hotgun adalah perangkat elektronik yang mampu menyembutkan panas dari ujung lubangnya. Karena dibuat salah satunya untuk kegunaan memasang sticker, maka tingkat panasnya bisa disesuaikan.

Untuk bahan yang tak butuh suhu sangat panasm disetel sesuai sifat bahan sticker. dengan demikian pemasangan bahan sticker akan mampu menempel secara sempurna.

- Yang paling penting harus ada mobilnya.

Proses Wrapping Full Bodi Mobil

Proses car body wrapping membutuhkan minimal dua orang. Tetapi kalau terpaksa seorang juga bisa jika memang sudah ahlinya. Hanya membutuhkan alat bantu besi pelekat untuk menahan bahan agar tidak bergeser dari tempatnya.

Buka backing paper (kertas pelapis paling bawah) pada bahan sticker. Jika Anda ingin membungkus bagian sisi mobil, Anda berdiri di bagian depan, teman Anda di bagian belakang, sama sama di samping mobil.

Setelah terlepas semua, semprotkan air dan campuran shampo ke bagian belakang sticker yang berperekat. Jangan khawatir, lem atau perekat sticker tak akan luntur hanya karena air. Jangan lupa semprot juga bodi mobil yang akan ditempeli sticker.

Setelah sama sama basah, tempelkan bahan sticker pada bodi samping mobil. JIka ada bagian yang belum tertutup, geser geser bahan. Di sinilah gunanya air dan campuran shampo, bahan sticker bisa digeser geser agar benar-benar pas pada tempatnya. Saya ingatkan, jangan asal semprot ya, karena bisa mengenai wajah teman yang sudah ikhlas membantu Anda.

Pas? Oke, semprotkan lagi air dan campuran shampo ke permukaan bahan sticker. Lalu gosoklah perlahan lahan dari tengah ke tepi. Menggosok di sini bukan sekadar menggosok, tetapi gosok gosok berhadiah hahaha.

Menggosok adalah proses mengeluarkan air dan campuran shampo dari himpitan bahan sticker dan bodi mobil. Dari tengah ke saming kanan, setelah selesai dari tengah ke kiri, atau dari tengah ke kiri terserah Anda. Saya tidak akan mempersoalkan soal kanan dan kiri, karena ini bukan pelajaran baris berbaris.

Ulangi terus untuk memastikan seluruh air keluar dan lem bahan sticker dapat menempel sempurna di cat bodi mobil. Biarkan saja bagian yang tidak rata, santai saja Bro.

Tunggu sekian waktu, jika sticker sudah meempel sempurna, ambil heatgun dan selesaikan menempelkan bahan ke bodi mobil yang memiliki bentuk lengkungan atau cembung dan sebagainya. Meskipun car body wrapping sistem basah, finishingnya tetap membutuhkan heatgun atau alat pemanas.

Baca Juga:

Harga dan Spesifikasi Mesin Cutting Sticker Graphtec, Roland dan Mimaki

Ingin Sticker Mobil Awet? Baca Ini

Bahan Sticker yang Benar untuk Neon Boks

Catatan penting dari saya, cara ini hanya dianjurkan untuk bidang yang rata atau tidak terlalu ekstrem, misalnya kap mesin, atau dan samping bodi. Untuk bumper atau bagian yang membutuhkan lekukan tajam serta tarikan bahan, tetap gunakan cara kering.

Semoga tutorial car body wrapping sistem basah ini bermanfaat... salam cutting sticker. ***

0 Response to "Cara Pasang Sticker Mobil Sendiri (Sistem Basah)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel