PROMOSIKAN MESIN CUTTING, BAHAN STICKER ATAU USAHA STICKER ANDA DI SINI. HUBUNGI 0812 9039 8495

Hal Hal yang Mempengaruhi Hasil Cutting Sticker

Gunakan alat yang tepat untuk cutting sticker Bro!!!
Saat Anda memutuskan untuk menekuni usaha cutting sticker sebenarnya bukan hanya persoalan modal yang harus dipikirkan. Cutting sticker adalah sebuah pekerjaan yang melibatkan beberapa alat untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Apalagi jika Anda ingin melebarkan sayap bukan hanya membuat cutting sticker untuk pangsa pasar lingkungan Anda, melainkan lebih jauh lagi. Sebagai pemasok grosir untuk para pedagang kakilima misalnya.

Berikut Hal Hal yang Mempengaruhi Hasil Cutting Sticker

Memang, ada beberapa alat di bawah ini yang tidak sama persis seperti yang saya uraikan, namun paling tidak ada punya penggantinya. Beda bentuk atau mereknya namun fungsinya sama.

a. Pisau Cutter

Untuk memotong bahan sticker hingga hasil akhir memotong sticker jadi untuk ditata sesuai kategorinya dibutuhkan pisau cutter. Kecuali Anda memiliki alat pemotong kertas yang digunakan untuk memotong per bagian cutting sticker sesuai ukurannya masing masing. Namun pisau cutter mutlak diperlukan.

Saat Anda memotong bahan sticker untuk dimasukkan ke mesin cutting, sebaiknya jangan asal asalan. Apalagi memotongnya dengan cara dikira kira. Untuk apa bahan sticker selalu dilengkapi kotak kotak di bagian belakang backing papernya jika tidak dipotong secara lurus? Memotong lurus bahan sticker dengan pisau cutter tajam akan mempermudah proses cutting. Jika memotongnya asal asalan, bisa saja saat proses cutting bahan Anda lari atau bergeser. Penjepit roda bahan sticker pada mesin cutting butuh tepi bahan yang lurus sehingga bahan sticker akan berjalan atau menggulung lurus ke bawah.

b. Pisau Pengopek

Setelah bahan dicutting, pekerjaan yang sebenarnya menghabiskan waktu ialah mengopek bagian bagian yang tidak diperlukan sehingga menyisakan bahan yang membentuk pola sticker sesuai desain di komputer. Bagi sebagian besar pelaku usaha cutting sticker, yang digunakan ialah pisau cutter. Padahal pisau cutter gunanya untuk memotong, bukan mengopek.

Di toko material sticker banyak dijual alat pengopek yang memang dibuat untuk tugas mencungkil bahan sticker yang tak dipakai. Bentuknya beragam. Jika tak ada, Anda bisa menggantinya dengan pinset. Suatu ketika Anda pasti membuat cutting sticker dengan pola yang rumit. Ada banyak lobang kecil yang harus anda buang. Jika menggunakan pisau cutter, akan kesulitan melepas bagian kecil tadi bahkan bisa juga tergores bagian yang seharusnya ditinggal tetap lengket. Ada juga yang menggunakan jarum untuk mengeluarkan bagian bagian kecil. Namun alat yang tepat menurut saya menghasilkan cutting sticker yang bagus.

c. Penggaris

Penggaris juga harus selalu Anda cek tepinya. Jika penggaris Anda dari plastik, jika sudah lama dipakai pasti ada tepinya yang tak lagi rata dan lurus. Mungkin tak sengaja ikut teriris pisau cutter saat memotong bahan. Penggaris dengan tepi bergerigi akan mengganggu saat proses memotong bahan.

Jika Anda menggunakan penggaris besi, belilah yang tebal. Karena berdasarkan pengalaman saya, saat membeli penggaris besi yang tipis jika sudah dipakai sekian lama tepinya tak lurus bahkan melengkung. Meski melengkungnya tak sampai satu centimeter, namun sangat mengganggu pekerjaan. Pilihlah penggaris besi atau kayu yang tebal.

d. Pisau Cutting

Nah ini yang saya rasa Anda sudah memahaminya. Jangan paksakan menggunakan pisau cutting sticker yang sudah uzur. Yang uzur uzur itu sebaiknya dimuseumkan, jangan berdalih ah itu motor uzur kok malah jadi klasik. Harganya mahal. Hehe, susah benar rasanya membeli pisau cutting sticker dalam jumlah banyak sebagai stok. Karena umur pisau mesin cutting tidak bisa Anda prediksi.
Jika orderan cutting sticker Anda setiap hari minta dari bahan scothlite atau reflektif, iyalah umut pisau cutting sticker Anda bisa lebih panjang. Tetapi kalau konsumen minta bahan yang tebal dari jenis vinyil, bisa lebih pendek umur pisau cutting sticker Anda. Belum lagi jika pengetahuan Anda tentang pisau dengan derajat ketejaman 30, 45 dan 60 derajat andai abaikan. Sudahlah..... aku pergi, kata Achmad Albar (judul lagu itu Mas Bro).

e. Mesin Cutting

Biasanya, mesin cutting murah sangat sulit diajak bekerja sama untuk memotong desain yang kecil. Jika dipaksakan hasilnya juga tidak maksimal. Berbeda dengan mesin cutting berkelas seperti US Cutter, Silhouette Cameo, CraftRobo, Graphtec, Mimaki, Roland, kemampuannya sangat bisa diandalkan.

Untuk itulah Anda harus memikirkan mesin cutting mana yang Anda beli. Sesuaikah dengan tujuan Ada ingin memproduksi cutting sticker? Cutting sticker mini membutuhkan mesin cutting bagus, sementara jika hanya digunakan untuk membuat stripping motor atau mobil cukuplah membeli mesin cutting buatan Tiongkok (baca China).

f. Plastik Pelindung

Saya yakin yang ini sangat jarang dilakukan oleh teman teman pelaku usaha cutting sticker di Indonesia. Jika pekerjaan hari itu selesai, bahan sticker dibiarkan tergeletak di lantai meski dalam posisi berdiri. Yakinkah Anda nanti malam tidak hujan, atau tiba tiba atap kios bocor sementara Anda tidur di rumah yang jakarknya cukup jauh.

Jika ingin bahan terjaga, bisa Anda selimuti atau bungkus dengan plastik bening yang banyak dijual di toko. Mengapa bening? Jika dibungkus dengan plastik berwarna nanti Anda kesulitan mengira ngira warna bahan yang dilindungi di dalamnya.

Ah, ribet banget ya mau usaha cutting sticker? He he he.... semuanya tergantung kepada Anda para sahabat tercinta. Semoga bermanfaat untuk dunia cutting sticker...

0 Response to "Hal Hal yang Mempengaruhi Hasil Cutting Sticker"

Post a Comment