Panduan Bahan untuk Pedagang Sticker Pemula

bahan-sticker-untuk-pemula


cuttingstickerupdate - Pemain sticker lama atau sudah melintang di jagat perstikeran pasti sudah tahu bahan bahan apa yang banyak dicari pelanggan. 

Namun, saya kerap sekali mendapatkan pertanyaan melalui weblog saya di http://metrosticker.wordpress.com maupun blog yang sedang sobat baca dari orang orang yang ingin berjualan sticker.

Untuk itu saya akan memberikan gambaran. Postingan ini sekaligus menjawab pertanyaan pertanyaan yang isinya hampir sama.

Saya asumsikan Sobat adalah orang yang awam dengan bahan sticker. Dan Sobat ingin membuka usaha sticker ini dengan modal yang terbatas. 

Artinya Sobat harus benar benar bisa menghemat anggaran agar barang yang dibeli bisa diputar dengan cepat. Saya mengesampingkan pembahasan tentang sticker cutting.

Harus Ada Sticker Jadi


Secara singkat, jika Sobat berjualan sticker kakilima atau kios kecil, koleksi sticker cutting harus ada. 

Pilihlah desain desain yang lagi ngetrend, seperti desain otomotif atau sticker sticker lucu yang tak cepat ketinggalan zaman. Kalau sticker balap lebih bagus. Silakan ke toko grosir cutting sticker dan tanyalah kepada pedagangnya.

Bagus juga jika sobat melengkapinya dengan sticker printing. Perhatikan kendaraan yang lewat di depan toko, apakah yang terlihat ngetrend di kendaraan mereka?

Pengalaman saya, jika sbuah sticker menunjukkan trend akan ada beberapa orang yang datang ke kios sobat menanyakannya. Jangan biarkan peluang itu lewat begitu saja.

Sobat jangan memaksakan diri dengan seolah-olah tahu banyak tentang sticker yang trend. Korek keterangan dari pelanggan muda usia.

Mereka biasanya cepat mendapatkan informasi soal sticker yang naik daun. Apalagi zaman sekarang banyak sekali pelapak online menawarkan dagangan stickernya secara daring.

Silakan dicatat lalu pesanlah kepada penyedia grosir sticker cutting jadi. 

Stiker lembaran memang seakan tak ada nilai jika dihitung perbiji, namun akan lumayan jika pembelinya cukup banyak.

Bahan Sticker Vinyl Glossy/Matte


Soal bahan, Sobat bisa membeli vinyl yang ukurannya lebar 15 centimeter dengan panjang 15 meter. Ini ukuran satu rol atau satu gulung. Mereknya banyak, diantaranya Profix, Goodfix, Sunfix, Seichofix atau DCfix.

Untuk warnanya, harus ada warna hitam glossy (agak mengkilap dan licin permukaannya) dan doff atau matte (permukaanny agak kasar dan kadang disebut sticker kabut). Warna ini paling cepat habis dan paling banyak diminta konsumen.

Kemudian warna merah glossy dan matte, kuning glossy dan matte, biru glossy dan matte, oranye glossy dan matte, putih glossy dan matte, pink atau merah muda glossy dan matte. Per rolnya, saya ambil harga perkiraan tertinggi di luar Jawa Rp150.000 an.

Kedua, bahan dengan ukuran sama jenis transparan atau tembus pandang. Ini banyak diminta konsumen untuk menutup lampu, speedometer. Pilih yang warnanya paling pekat, lalu warna agak pekat. Harganya hampir sama, tertinggi berkisar Rp150.000 an per rol.

Lihat video terkait sticker transparan untuk kaca lampu kendaraan:



Selanjutnya bahan sticker carbon yang memiliki pola garis garis kecil seperti anyaman di permukaannya, harganya per rol plus minus Rp300.000 an. Semua bahan yang saya sebutkan di atas bisa Sobat gunakan untuk wrapping (membungkus) bidang kendaraan yang tak terlalu lebar seperti sepeda motor.

Bisa juga untuk membuat tulisan menu di gerobak para pedagang kakilima, tulisan nama rumah makan, papan nama yang tidak dipasang di luar, terkena panas dan hujan.

Baca Juga:

Jangan Paksakan Kemampuan Mesin Cutting Anda

Hal Hal yang Mempengaruhi Hasil Cutting Sticker

Tips Usaha, Perbaiki Komunikasi dan Pahami Karyawan

Bahan Sticker Oracal


Jika Sobat menginginkan bahan sticker yang bisa digunakan untuk sepeda motor juga mobil dan tulisan papan nama dengan daya tahan lebih lama silakan lengkapi dengan bahan sticker kualitas bagus dengan ukuran per rol lebar 126 centimeter x 50 meter.

Mereknya beragam, ada Oracal, Macal, Kiwalite, 3M, Avery, Arlon, Teckwrap, Hexis. Di Indonesia yang lagi naik daun adalah Oracal, untuk kualitas biasa (intermediate cal) ialah seri 651. Ia memiliki jenis glossy dan matte.

Harga per rol berkisar Rp3 jutaan. Sobat bisa membeli per meter. Dengan lebar 126 centimeter, bahan bisa digunakan untuk membungkus full body mobil. Daya tahannya menurut data teknisnya tiga tahunan.

Perbedaan bahan murah dan mahal selain daya tahan warnanya juga sifatnya saat digunakan untuk menutupi bagian bagian kendaraan yang ekstrem, seperti cekungan atau lengkungan yang membutuhkan elsatisitas bahan yang tinggi.

Karena bahan akan dipaksa memuai dengan bantuan heatgun (alat pemanas) yang panasnya bisa disesuaikan.

Bahan Sticker Mirip Oracal


Untuk mengisi bahan dengan ukuran yang hampir sama, namun harganya lebih murah, produk Tiongkok seperti Seichofix dan Profix  mengembangkan ukuran namun lebih lebar yakni 135 centimeter x 30 meter. Produk ini dinamakan Seichocal dan Procal.

Meski lebih lebar namun kualitasnya masih jauh di bawah merek merek Eropa. Khusus untuk warna putih glossy dan matte, hitam glossy dan matte jika Oracal terlalu mahal dan tidak ingin menggunakan Seichocal/Procal Sobat bisa membeli Asahi.

Ukuran per rolnya lebih panjang, yakni 126 centimeter x 100 meter, harganya jauh di bawah Oracal. Namun Asahi memiliki kelemahan, jika dipaksa memuai terlalu melar warnanya agak memutih.

Bahan Sticker Profix dan Seichofix


Dua merek bahan sticker pendek, yang lebarnya 45 centimeter dan panjang per rol 15 meter mendominasi koleksi kios stiker tanah air.

Mereka termasuk merek lama yang hadir untuk melengkapi sejumlah merek yang sudah hadir. Diantaranya DCFix, Sunfix, Decofix. Namun dalam persaingannya, bahan sticker Profix dan Seichofix mampu bertahan hingga kini.

Bahan ini bisa digunakan untuk wrapping kendaraan. Sekaligus bida dijadikan bahan stiker cutting. Sobat bisa menjualnya per meter.

Warna yang harus ada adalah putih dan hitam serta warna pokok lainnya. Untuk pembelian bahan stiker Profix per rol (gulung) warna hitam ukuran 45 centimeter x 15 meter bisa klik link ini. Sementara untuk warna Putih bisa masuk ke tautan ini.

Bahan Skotlet


Sebagai pemula di bidang penjualan bahan sticker, kadang ada yang datang dan menanyakan apakah ada bahan skotlet.

Sebenarnya, bahan ini tak lain adalah bahan sticker vinyl yang oleh warga disebut skotlet. Namun ada yang mengartikannya sebagai bahan stiker yang menyala.

Bahan ini jenisnya reflektif, yang memang memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya. Namun sobat harus menjelaskan kepada konsumen, bahan jenis ini biasanya dibuat sticker menggunakan mesin cutting sticker.

Sebab bahannya kertas bukan plastik. Ia gampang robek dan kalau sudah menempel maka tak bisa lagi dibuka.

Demikian sobat uraian saya mengenai bahan stiker yang harus ada di toko. Salam stiker Nusantara.

0 Response to "Panduan Bahan untuk Pedagang Sticker Pemula"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel