PROMOSIKAN MESIN CUTTING, BAHAN STICKER ATAU USAHA STICKER ANDA DI SINI. HUBUNGI 0812 9039 8495

Jangan Potong Vinyl Bergelombang

Dorong gelombang ke tepi bahan dengan rakel.
Vinyl yang akan dipotong dengan mesin cutting kadangkala muncul gelembung atau bekas lipatan namun tidak patah. Karena telanjur sudah dipasang di mesin cutting, ah,,, langsung potong saja. Pada saat pengopekan, nah Anda baru merasakan deritanya. Tepian desain atau pola yang seharusnya terpotong sempurna eh tak bisa ditarik. Ditarik kuat, eh lapisan stikernya ikut tercabut.

Mungkin benar peribahasa dagelan: kalau ingin mencari pacar tukang stiker saja. Mengapa? Lihatlah cara mereka bekerja, memotong bahan dengan penggaris, membuat desain, memotong, mengopeki, memasang dan terima duit hehe. Saya suka bagian terakhir itu, terima dudududuiiit.Nikmatnya...

Halah hahaha. Tetapi benar, sepertinya dibutuhkan kekuatan untuk sabar agar menghasilkan karya stiker yang memuaskan bagi konsumen. Oke, saya akan membahas hal yang saya rasa pasti pernah dialami oleh tukang tukang stiker seperti saya. Yaitu persoalan bahan stiker bergelombang. Menurut penjelasan saya, begini, di tengah lembaran bahan stiker tiba tiba muncul gelombang seperti ada pipa kecil memanjang namun ini kosong. Hal ini diakibatkan cara penggulungan yang tidak benar.

Namun bisa juga karena kualitas bahan stikernya. Kondisi ini bisa ditemui di bahan stiker jenis vinyl merek merek Tiongkok yang lebarnya 45 centimeter. Bagaimana menghadapinya? Apakah langsung dicutting saja? Kalau nasib baik, mungkin lokasi gelombang itu berada di antara dua huruf atau bagian yang memang tak terpakai. Tetapi apa jadinya bila bagian itu justru berada di area cutting dan mau tak mau harus dilewati jarum mesin cutting? Akibatnya, ada bagian pola atau huruf atau gambar yang tak terpotong. Harus dengan bantuan pisau cutter untuk memotongnya secara manual.

Seandainya berhasil dirapikan dengan manual, bisa saja masalah belum teratasi. Kalau gelombang itu ada di tengah tengah desain yang agak rumit, meski sudah dirapikan dengan cutter lalu Anda ratakan, bentuknya bisa tak sesuai keinginan. Cara yang sederhana untuk mengatasinya ialah dengan squeeze atau rakel. Sebelum bahan sipasang pada mesin cutting, perisalah dahulu apakah tak ada gelombang. Jika ada mainkan dengan rakel pelan pelan sehingga gelombang itu bergeser ke ujung bahan.

Ada baiknya semprotan air yang sudah dicampur air sabun untuk membantu memperlancar "mendorong" gelombang itu hingga ke ujung bahan. Ada sih cara paling gampang, yaitu memotong bahan stiker tersebut. Tetap sebagai pedagang yang sudah pasti menerapkan prinsip ekonomi dengan pengorbanan minimal mendapatn hasil yang maksimal. Jika diakali masih bisa, mengapa harus dibuang bahan stiker tersebut?

Memang sepertinya sepele. Namun jika tidak dilakukan akan menjadi kebiasaan. Kebiasaan kebiasaan kecil yang tidak dihilangkan tak mustahil akan merembet ke hal lebih besar. Bahkan gelombang pada lapisan stiker bisa nyangut di mesin cutting. Maka dari itu jangan langsung memotong vinyl bergelombang...

0 Response to "Jangan Potong Vinyl Bergelombang"

Post a Comment