PROMOSIKAN MESIN CUTTING, BAHAN STICKER ATAU USAHA STICKER ANDA DI SINI. HUBUNGI 0812 9039 8495

Jangan Asal Letak Mesin Cutting di Meja

Yang ini memang plotter meja Mas Bro...
Mesin cutting stiker yang lebarnya minimal 60 cm biasanya dilengkapi penyangga dari pabriknya. Pabrik tentu memiliki alasan mengapa harus dijual satu paket mesin dengan penyangganya tersebut. Karena tak banyak yang tahu, ada kalanya mesin cutting ditaruh di atas meja, dengan maksud lebih dekat dari jangkauan saat mengoperasikannya bersama komputer.

Padahal, jika dilihat secara detil, di papan tempat bahan stiker dipasang ada lubang lubang kecil berjejer dari kiri ke kanan atau sebaliknya mengikuti lempeng penampang. Lubang lubang itu sengaja dibuat oleh pabrik mesin cutting stiker dengan maksud agar lembaran bahan stiker yang dipasang akan menempel pada penampangnya untuk menghindari lekukan lekukan yang berakibat tidak sempurnanya jarum mesin cutting memotong lapisan bahan stiker.

Jika pertanyaan Anda adalah dari mana ilmunya hanya lubang lubang kecil kok mampu membantu menyetabilkan permukaan bahan stiker yang akan dicutting? Sekarang mari lihat di bagian bawah mesin cutting. Seharusnya, ada lubang blower atau kipas yang ukuran diameternya sekitar 10 centimeter. Kipas ini akan mengalirkan udara dari dalam tabung mesin cutting dan membuangnya ke bawah. Tarikan ini akan membantu bahan stiker yang menutupi lubang lubang kecil tadi menempel di penampang.


Mengingat pentingnya lubang ventilasi kipasi ini, ada baiknya sebulan sekali ditengok, dibersihkan dengan kuas. Karena ia mengalirkan udara terus menerus selama mesin beroperasi, pengalaman saya sendiri lubang ventilasi itu lambat laun akan tertempeli debu. Awalnya tak terlihat, tetapi lama lama debu tadi menggumpal di jari jari ventilasi kipas di mesin cutting bagian bawah. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?

Jika hanya karena alasan biar dekat, Anda bisa menempatkan mesin cutting yang dipasang pada penyangga di samping meja kerja Anda. Toh dengan cara ini Anda juga masih bisa tetap duduk saat selesai membuat desain kemudian mengambil bahan dan memotongnya di mesin cutting. Saya rasa mesin cutting tidak bisa disamakan dengan sepeda motor yang dimodifikasi sedemikian rupa agar menjadi pusat perhatian di jalan raya. Mesin cutting adalah alat pemotong bahan stiker, tidak untuk dipamerkan atau dipondong di jalan raya. Memodifikasi mesin cutting bisa berakibat tidak berfungsinya beberapa bagian bahkan bisa menyebabkan kerusakan.

Lubang lubang penarik bahan stiker agar rapat di penampangnya adalah barang kecil namun besar manfaatnya. Saya bahkan pernah melihat mesin cutting stiker milik teman bagian itu dilapisi bahan stiker berwarna terang dengan alasan lebih gampang menyesuaikan lurus tidaknya bahan saat dipasang. Dan lubang lubang kecil penting itu pun ditutup. Berbeda dengan mesin cutting dengan ukuran mini di bawah 40 centimeter lebarnya, bisa dijual tanpa penyangganya. Tinggal diletakkan di atas meja sudah beres.

Semoga artikel sederhana ini membantu sahabat semua, salam stiker Indonesia.

0 Response to "Jangan Asal Letak Mesin Cutting di Meja"

Post a Comment