PROMOSIKAN MESIN CUTTING, BAHAN STICKER ATAU USAHA STICKER ANDA DI SINI. HUBUNGI 0812 9039 8495

Memilih Bahan Stiker Reflektif yang Bagus


http://cuttingstickerupdate.blogspot.co.id/2017/06/memilih-bahan-stiker-reflektif-yang.html

Pada dasarnya reflektif adalah jenis bahan stiker cutting yang memiliki kemampuan memantulkan cahaya dalam gelap saat terkena sinar atau cahaya dalam gelap. Di Indonesia merek yang masuk banyak, diantaranya Seicholite, Prolite, Xlite, Transign, Asahi, Ablaze, Goldenlite, Goodlite dan sebagainya. Semua yang saya sebutkan adalah merek merek Tiongkok. Bagaimana memilih mana merek terbaik untuk kepuasan konsumen?

Sebelum saya mencoba menguraikannya, saya sengaja menyebutkan merek merek buatan Tiongkok karena sangat tidak fair jika saya harus membandingkannya dengan merek Jepang atau Eropa dan Amerika. Sebut saja sekelas Oyama, Nikkalite, Oralite, Avery, 3M atau Kiwalite. Produk di luar Tiongkok sudah pasti lebih bagus dengan harga yang juga lebih mahal. Namun untuk para pemain cutting stiker kelas bawah hingga menengah, sangat jarang yang menggunakan reflektif di luar buatan Tiongkok.


Nah, untuk memilih bahan stiker reflektif Tiongkok mana yang bisa diandalkan berikut beberapa tips yang bisa dicoba.

1. Coba foto bahan stiker tersebut di kegelapan dengan kamera ponsel atau kamera lain menggunakan blitz atau cahaya. Pastikan bahwa sifat reflektifnya muncul, yaitu bahan akan menyala terang. Kecuali warna hitam, tidak akan seterang warna lain meski difoto dengan kamera blitz dalam gelap.

2. Kelupas ujungnya sedikit, lalu rabalah. Ini untuk mengetahui berapa kuat lem atau perekatnya. Karena stiker pasti ditempel pada media tertentu.

3. Lakukan langkah kedua lalu cobalah tarik pelan. Bahan yang bagus tidak mudah sobek ketika ditarik. Memang, penarikan reflektif tidak bisa disamakan dengan menarik bahan stiker jenis vinyl yang bahannya terbuat dari plastik, sehingga lebih lentur dan dapat dipanaskan saat pemasangan. Itulah mengapa reflektif disarankan untuk pemasangan bidang datar.

4. Coba cutting untuk menentukan sehalus dan selembut apa material yang dipakai oleh pabriknya. Jika jarum mesin cutting tidak berjalan lancar, atau dari hasil potongan ada kotoran semacam debu halus sebaiknya tidak digunakan. Lakukan pengujian ini dengan kondisi jarum mesin cutting masih tajam. Bahan reflektif yang bagus tidak meninggalkan kotoran saat dicutting. Bahkan nyaris tak terlihat bekas yang dilalui jarum mesin cutting. Namun saat dikelupas terasa mudah.

5. Ada kalanya pemasangan reflektih harus menggunakan bantuan air yang dicampur air shampoo. Pastikan reflektif yang dibasahi lalu ditempel pada media ujicoba seperti kaca atau akrilik lalu disapu permukaannya dengan rakel, air campuran shampoo dengan mudah keluar dan bahan cepat lengket. Ini sangat penting jika Anda mendapatkan orderan yang harus diselesaikan cepat.

6. Terakhir, apakah backing paper atau lapisan kertas di bawah lapisan reflektif ikut basah saat terkena aiar atau tetap kering. Yang bagus adalah backing papernya tetap kering. Ini sangat berguna saat Anda melakukan pemasangan masking tape secara manual. Untuk memudahkan masking tape dipasang, basahilah permukaan kaca atau media yang halus lalu letakkan reflektif di atasnya. Geser geser sehingga backing paper seolah menyatu dengan permukaan kaca. Jika menyatu, maka Anda tidak khawatir reflektif akan bergeser saat lapisan masking tape diletakkan di atasnya.

Demikian tips dari saya, semoga bermanfaat.

0 Response to "Memilih Bahan Stiker Reflektif yang Bagus"

Post a Comment