PROMOSIKAN MESIN CUTTING, BAHAN STICKER ATAU USAHA STICKER ANDA DI SINI. HUBUNGI 0812 9039 8495

Seicholite, Bahan Stiker Reflektif Paling Enak Digunakan


Seicholite itu merek, merek asli Indonesia. Kalau yang terbiasa salah mengucapkan, biasanya disebut skotlet yang sebenarnya dari bahasa Inggris scothlite. Saya akui, CV Istana Indonusa sebagai pemilik merek Seicholite pandai mencari nama. Jadi agak samar orang mau menyebut scothlite dengan Seicholite. Saya tegaskan, Seicholite adalah bahan jenis scothlite atau di Indonesia lebih familir dengan sebutan reflektif. Ada juga yang dengan santai menyebutnya stiker fosfor, karena memang mampu memantulkan cahaya di malam hari kalau tersorot.

Saya coba uraikan per bagian. Lapisan stikernya yang berperekat, yakni pada lapisan pertama, bahan yang digunakan membuat pisau cutting dimanjakan. Memang, untuk warna tertentu Anda harus mengatur ketajaman pisau mesin cuttingnya. Namun untuk warna utama, seperti putih dan merah, kuning tua, selama saya meggunakannya bertahun tahun masih cukup bisa diandalkan. Saya jelaskan, selain Seicholite saya paling sering mendapatkan sampel bahan stiker sejenis, sama sama buatan China, namun Seicholite menurut saya tetap memiliki keunggulan.


Kemudian backing paper atau lapisan kertasnya, yaitu lapisan yang tak lagi digunakan alias dibuang saat stiker mau dipasang, dilapisi bahan lembut yang menempel pada perekat lapisan stiker di atasnya. Lapisan stiker sangat mudah diangkat. Saat masking manual, bagian bawah backing papernya juga lebih tahan air. Kadang di atas kaca etalase toko ada tumpahan air apalah, entah teh atau air liur hehe (ketawa dikit bos) yang tak terlihat.

Begitu mau masking, bahan stiker yang sudah dicutting mau dimasking tape, tak sengaja menutupi cairan tadi, tenang saja. Bahan backing paper yang bagus yang ada di Seicholite tak langsung menembus lapisan plastik halus di atasnya. Ini tentu membuat pekerjaan masking lebih mudah dan saat stiker dilepas untuk dipasang backing paper terlepas secara sempurna.

Masalah yang muncul pada proses melapas lapisan stiker dari backing paper adalah lapisan plastik halus yang menjadi bagian atas backinga paper ikut terangkat mengikuti pola huruf atau pola yang dicutting. Bila ini persoalannya, jangan salahkan bahan stikernya Mas Gan (campuran Mas dan Juragan kwkwkwkw). Itu kesalahan pada ketajaman jarum. Sudah pernah saya bahas pentingnya menguasai ilmu ketajaman pisau mesin cutting. Usahakan pisau mesin cutting memotong lapisan stiker sampai lapisan berperekat, namun jangan melukai plastik tipis halus yang membatasi antara lapisan stiker dan backing paper.

Kalau lapisan tadi ikut tertusuk duri eh tergores jarum mesin cutting, jangan salahkan saya apalagi tetangga Anda jika saat buru buru ingin memasang stiker cutting pada media yang dibawa pelanggan, eh lapisan backing papernya ikut terbawa. Terpaksalah harus melepaskannya secara manual. Harusnya pekerjaan lebih mudah, malah Anda dibuat susah.

Soal harga, sangat bisa bersaing dengan produk sejenis. Bahan ini juga cocok untuk stiker print and cut. Bahan bisa langsung dicetak di mesin digital printing dengan tinta eco solvent. Kalau dicetak pakai printer rumahan ya sampai lebaran kuda tak akan menempel tintanya Bro Gan (Halah, istilah apa lagi ini hehehehe). Oha, ya per rol ukuran Seicholite adalah 45 centimeter x 45 meter.

Dengan mesin cutting bagus, sebut saja merek Mimaki, Roland, Graphtec, Seicholite mampu menerima gerakan jarum mesin cutting yang memotong tinggi huruf di bawah 5 milimeter atau setengah centimeter. tetapi kalau mesin cutting buatan China, biasanya tak bisa melakukan pekerjaan ini. Kecuali merek tertentu, seperti Copam.

Demikian pengalaman saya menggunakan Seicholite...

0 Response to "Seicholite, Bahan Stiker Reflektif Paling Enak Digunakan"

Post a Comment